Ekonomi

Mulai 6 Juni, Bandara Dhoho Layani Rute Kediri-Balikpapan

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:11 | 20.83k
Salah satu sudut Bandara Internasional Dhoho Kediri (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)
Salah satu sudut Bandara Internasional Dhoho Kediri (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Setelah rute Kediri-Jakarta, mulai 6 Juni nanti Bandara Internasional Dhoho (Bandara Dhoho) Kediri akan mulai melayani rute penerbangan baru, yakni Kediri-Balikpapan. Penerbangan domestik dari Bandar Udara Dhoho – Kediri ke Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan dan sebaliknya tersebut, menggunakan maskapai Super Air Jet. 

Penerbangan Super Air Jet dijadwalkan terbang setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan jam keberangkatan dari Balikpapan pukul 12.45 WITA dan tiba di Kediri pukul 13.15 WIB. Sedangkan untuk rute sebaliknya, pesawat akan berangkat dari Bandara Dhoho pukul 14.00WIB dan tiba di Balikpapan pukul 16.30 WITA. 

General Manager Bandara Dhoho Kediri, I Nyoman Noer Rohim menuturkan penerbangan ini sekaligus menandai komitmen dalam mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) baru. Balikpapan sebagai gerbang menuju IKN menawarkan berbagai destinasi menarik yang bisa dieksplorasi oleh kalangan milenial, dari keindahan alam hingga wisata kuliner.

“Dengan adanya rute baru di Bandar Udara Dhoho – Kediri ini mempermudah mobilitas antarkota sehingga akan memberikan multiplier effect terhadap pengembangan perekonomian dan pariwisata di Kediri yang ditandai dengan meningkatnya jumlah wisatawan dan pelaku bisnis.” ujarnya, Jumat (16/05/2024). 

Penerbangan perdana dari dan ke Bandara Dhoho Kediri berlangsung pada 5 April 2024 lalu. Saat ini Bandara Dhoho Kediri melayani penerbangan rute Kediri-Jakarta dan sebaliknya sebanyak dua kali dalam sepekan. 

Sebelumnya Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berharap beroperasinya bandara diikuti maskapai lain. Mas Dhito, sapaan akrabnya,  mendorong agar maskapai lain bisa segera beroperasi di bandara yang diproyeksikan melayani penerbangan haji dan umroh tersebut. 

Bandara Dhoho Kediri dibangun oleh PT Surya Dhoho Investama dan dioperasikan oleh Angkasa Pura Indonesia sejak 29 Maret 2023 berdasarkan Kerja Sama Operasional antara PT Angkasa Pura I dengan PT Surya Dhoho Investama (SDhI).

Bandara Dhoho ini dilengkapi dengan infrastruktur penunjang seperti runway dengan dimensi 3.300 m x 45 m yang mampu melayani pesawat 
berbadan besar (wide body) Boeing 777-300ER, terminal penumpang seluas 28.000 m2 berkapasitas 1,5 juta penumpang/tahun, apron komersial dengan kapasitas 12 pesawat narrow body dan 3 wide body, serta apron VIP dengan kapasitas 4 small aircraft / 1 narrow body. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES