Ekonomi

Pertamina Fuel Terminal Waingapu Lakukan Refreshment Sejumlah SPBU se-Daratan Sumba

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:43 | 31.08k
Refreshment ODI TL dan Discharge Master 2024 PT Pertamina Fuel Termnal Waingapu bersama sejumlah SPBU se-Pulau Sumba. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Refreshment ODI TL dan Discharge Master 2024 PT Pertamina Fuel Termnal Waingapu bersama sejumlah SPBU se-Pulau Sumba. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – PT Pertamina Fuel Terminal Waingapu menggelar sosialisasi refreshment ODI TL dan Discharge Master 2024 bagi sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Agen minyak tanah se- daratan Sumba di halaman PT Pertamina Fuel Terminal Waingapu, Sabtu (25/5/2024).

“Hari ini kami melaksanakan refreshment sekaligus sosialisasi terkait proses pembongkaran BBM, tata cara transport lost penagihan dan perhitungannya atau klaim losses SPBU pertashop dan juga refreshment penggunaan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR),” kata Dany Sanjaya Silitonga, Sales Brand Manager Rayon 1 NTT.

Dany yang juga Pjs. Rayon IV NTT Wilayah Pulau Sumba menjelaskan, kegiatan ini dihadiri sejumlah SPBU se- Pulau Sumba yang kurang lebih ada 20 SPBU dan 10 Pertashop serta Agen minyak tanah di pulau Sumba. Refreshment ini untuk mengingat kembali bagaimana tata cara pembongkaran BBM yang sesuai standar Pertamina.

SPBU-se-Pulau-Sumba-2.jpg

Kemudian tambah dia, ada proses klaim losses perhitungannya bagaimana kas ditransfer yang telah disepakati khususnya untuk SPBU dan Pertashop. Memang Pertashop ada sedikit berbeda dengan SPBU karena mereka charge pemesanan ke Pertamina hanya berapa KL sedangkan kalau SPBU sekian ton.

“Jadi ada potensi-potensi losses yang timbul jadi kami menjelaskan kembali. Jika Pertashop mengalami losses bagaimana cara mereka menyampaikan berita acara untuk di klaimkan lossesnya di Pertamina Fuel Termina Waingapu,” ujarnya.

Manager PT Pertamina Fuel Terminal Waingapu Ekwan Nursanto menambahkan dengan refresment ini diharapkan kepada SPBU, Agen Minyak tanah maupun Pertashop nantinya bisa siap siaga bila terjadi kebakaran di lokasi masing-masing sehingga menanggulangi secara dini.

"Terkait discharge master, ini juga refreshment bagi rekan-rekan agar tidak lupa yang menjadi kebiasaan," katanya.

Oleh sebab itu pihaknya mengingatkan kembali agar tata cara pembongkaran minyak di SPBU itu baik dan benar sesuai SOP yang ada di perusahan.

Direktur Operasi dan Marketing Elnusa Perofin Ferdiansyah melalui Head of Operation FT Waingapu Faisal mengungkapkan, refreshment ada kaitannya dengan kegiatan bisnis dan operasional Elnusa Petrofin yang selalu menjaga keunggulan kinerja melalui continous improvement atau inovasi berkelanjutan.

Salah satunya dengan terlibat dalam sosialisasi Refresment ODI TL dan Discharge Mater 2024 untuk memberikan informasi terkait pengiriman BBM/BBK kepada lembaga penyalur SPBU-Partashop secara online dan real-time. Maka sistem ini dapat diakses melalui mobile oleh perwakilan dan pihak lembaga penyalur memastikan transparansi dan efisien dalam setiap tahap pengiriman.

Lebih lanjut Ferdiansyah menyebut, dengan adanya sistem ODI pihaknya berkomitmen mendukung Pertamina Fuel Terminal Waingapu dalam mewujudkan operational excellence.

"Fitur-fitur yang kami hadirkan tidak hanya mempermudah monitoring dan tracking pengiriman tapi juga meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional dengan informasi yang transparan dan mudah diakses. Kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih responsif dan proaktif,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya yakin bahwa sinergi ONE PERTAMINA yang terus diaplikasikan dengan baik melalui inovasi dapat meningkatkan kompetensi Elnusa Petrofin dalam mengembangkan layanan transportasi tyang dapat terintegrasi di seluruh wilayah operasi. "Ini adalah langkah kongkrit dalam memastikan setiap pengiriman BBM/BBK dilakukan dengan standar tertinggi dalam hal keamanan dan efisiensi,” terang Ferdiansyah. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES