Ekonomi

Banyuwangi Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban Jelang Idul Adha Mencukupi

Senin, 27 Mei 2024 - 17:12 | 16.17k
Ternak hewan sapi di Banyuwangi. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)
Ternak hewan sapi di Banyuwangi. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Menjelang Hari Raya Idul Adha kebutuhan hewan kurban di Banyuwangi, Jawa Timur dipastikan cukup dan melimpah.

Kepala Bidang (Kabid) Budidaya dan Usaha Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi Abdurrazak, melalui Sub Koordinator Bina Usaha Peternakan, Bambang Nurseno mengatakan, apabila kebutuhan hewan kurban pada tahun 2024 dipastikan tercukupi dengan stok hewan ternak yang cukup melimpah.

“Intinya kebutuhan hewan kurban seperti, Sapi, Kambing dan Domba cukup. Apalagi stok atau persedian hewan domba cukup tinggi karena lagi booming,” kata Nurseno, Senin (27/5/2024).

Diterangkan oleh Nurseno, jika berdasarkan data kebutuhan hewan kurban pada tahun 2023 di Banyuwangi, tercatat jika kebutuhan hewan kurban Sapi di masyarakat sebanyak 1.890 ekor, kemudian kebutuhan kedua terbanyak yaitu hewan kurban Domba yakni 4000 ekor. Sedangkan kebutuhan hewan kurban paling tinggi yaitu Kambing sekitar 9.790 ekor.

“Daripada kebutuhan, ketersediaan jumlah hewan ternak di Banyuwangi malah lebih tinggi,” ucapnya.

Untuk jumlah hewan kurban yang tersedia di Banyuwangi saat ini, Nurseno menyebut, ada sekitar 27.400, yang terdiri dari 2.710 Sapi, 11.400 Domba dan 13.830 Kambing. Jumlah tersebut dapat memenuhi jumlah kebutuhan masyarakat akan hewan kurban. 

“Dapat dilihat jika tahun ini kebutuhan hewan kurban tercukupi, terlebih juga kita surplus hingga bisa kirim hewan ternak ke luar daerah,” papar Nurseno.

Dispertan Banyuwangi juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan ternak hewan kurban, hal ini untuk menjamin kesehatan hewan ternak dan aman dikonsumsi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES