Ekonomi

Pedagang Pasar Banyuwangi Mulai Beranjak Ke Gedung Wanita

Senin, 27 Mei 2024 - 21:20 | 16.90k
Para pedagang Pasar Banyuwangi mulai Boyongan ke tempat relokasi di Gedung Wanita Paramitha Kencana. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)
Para pedagang Pasar Banyuwangi mulai Boyongan ke tempat relokasi di Gedung Wanita Paramitha Kencana. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sejak Senin (27/5/2024), sejumlah pedagang Pasar Induk Banyuwangi, Jawa Timur mulai memindahkan lapak dagangan mereka ke tempat relokasi baru di Gedung Wanita Paramitha Kencana.

Dalam kesempatan itu terlihat pula beberapa pedagang pasar yang baru melakukan pengundian nomor lapak. Setelah mendapat nomor, mereka langsung mengecek lokasi lapak yang akan ditempati sementara.

Dijelaskan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi, M. Yanuar Bramuda, bahwasanya para pedagang mulai Senin 27 Mei, sebelumnya para pedagang juga mengambil nomor undian yang mana lokasi nomor tersebut akan menjadi tempat mereka berjualan.

"Target kita mulai Senin, 27 Mei 2024 sudah mulai bergeser, dan akhir Mei sudah harus selesai,” jelas Bram sapaan akrab M. Yanuar Bramuda.

Proses revitalisasi di Pasar Banyuwangi telah memasuki tahap pembongkaran. Pemerintah Banyuwangi terus mengebut proses relokasi yang telah dilakukan oleh Dinas PUCKPP. Proses pembongkaran tersebut beriringan dengan para pedagang yang bergeser ke tempat baru. 

“Progres kita sekarangi sudah 90 persen, pedagang sudah beberes dan diundi,” ujar Bram.

Dalam proses pembongkaran pasar Banyuwangi itu, masih Bram, PLN juga telah memutus jaringan listrik, dan untuk selanjutnya proses pembongkaran pasar akan terus dijalankan untuk mengejar target pada tahap pembangunan supaya segera dimulai.

Selain terkait kelistrikan, Bram juga menerangkan, jika akan adanya penutupan jalan raya di kawasan pasar Banyuwangi, akan diterapkan setelah proses revitalisasi dari pemerintah pusat mulai berjalan.

“Jika proses pengerjaan sudah mulai jalan dari pemerintah pusat, Dinas Perhubungan (Dishub) akan mulai melakukan pengalihan jalan,” tutur Bram.

Untuk diketahui, Pemerintah pusat akan melakukan revitalisasi Pasar Banyuwangi menjadi pusat perbelanjaan dan kawasan Heritage pada pertengahan tahun 2024.

Sementara Pasar dilakukan revitalisasi, setidaknya ada 352 pedagang Pasar Banyuwangi yang direlokasi. Pengerjaan revitalisasi Pasar Banyuwangi ditargetkan selesai dalam 356 hari dengan total kucuran anggaran sebesar Rp 200 miliar. (*)

 

Pewarta : Anggara Cahya (MG-456)

Editor : 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES