Ekonomi

Batu Bisnis Festival 2024 Jawab Keraguan Investor

Selasa, 28 Mei 2024 - 16:09 | 14.89k
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat membuka BFF tahun 2024 yang diikuti dunia usaha, pemerintahan dan olahraga. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat membuka BFF tahun 2024 yang diikuti dunia usaha, pemerintahan dan olahraga. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUBatu Bisnis Festival 2024 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Batu menjawab keraguan investor. Pameran bisnis beserta serangkaian kegiatan yang diselenggarakan memperlihatkan betapa menggeliatnya dunia usaha di Kota Batu.

Bukan hanya disektor pariwisata namun juga diberbagai sektor lainnya, termasuk di dalamnya sektor pertanian. Karena itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai meminta kepada investor untuk tidak ragu-ragu menanamkan investasinya di Kota Batu.

Hal tersebut dikemukakan Aries didepan para pebisnis, tokoh masyarakat dan budaya yang datang dalam pembukaan Batu Bisnis Festival 2024 yang diselenggarakan di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani (BAT) Kota Batu, Selasa (28/5/2024). 

“Investor jangan ragu-ragu masuk Kota Batu, kita sudah punya regulasinya, peraturannya sudah kita siapkan, RTRW sudah kita siapkan, RTDR juga sudah siap, maka apalagi yang ditunggu, tinggal mematuhi aturan kita akan sangat berbahagia sekali,” ujar Aries kepada para pengusaha yang hadir saat pembukaan Batu Bisnis Festival ke-2 tahun 2024.  

Aries mengatakan bahwa ia baru saja menghadiri kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan peluncuran Government Technology (Gov Tech) Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa SPBE Kota Batu tahun 2023 mendapatkan predikat yang cukup melonjak. Pasalnya tahun 2022 lalu, Kota Batu mendapatkan predikat cukup dengan poin 2,41 dan tahun 2023 menjadi predikat baik dengan poin 3,35.

BFF-2024-2.jpg

Melihat ini, Aries menyakinkan bahwa pelayanan terhadap investor akan semakin mudah dan tidak lagi merepotkan para investor, karena Pemkot Batu sudah siap melakukan layanan digitalisasi yang canggih dan memudahkan.

“Tidak hanya memudahkan dalam proses tapi juga memudahkan melihat peluang yang ada,” kata Aries. Menurutnya bukan hanya kalangan swasta yang tergiur untuk memanfaatkan peluang di Kota Batu, Perhutani pun siap berkolaborasi dengan Pemkot Batu untuk mengembalikan kejayaan wisata legendaris Payung Songgoriti.

Menurutnya Perhutani membuka lebar-lebar untuk pihak ketiga yang ingin menyulap Payung Songgoriti menjadi destinasi wisata baru dengan daya tarik yang lebih Istimewa. Bukan hanya Kawasan Payung, Pemkot Batu dan Perhutani membuka tangan untuk investor yang ingin mengelola Goa Pandawa.

Berkaitan dengan hal tersebut, ditengah-tengah pembukaan Batu Bisnis Festival 2024 dilaksanakan penandatangan MoU antara ADM Perhutani Malang, Loesi Triana dengan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq untuk pengelolaan Kawasan Payung Songgoriti.

“Sesuai arahan wali kota, kami menggelar Batu Bisnis Festival 2024 ini untuk mengeksplor pariwisata dan ekonomi kreatif,”ujar Arief. Ia optimis target kunjungan wisata di Kota Batu akan tercapai, bahkan melebihi dari target yang sudah ditetapkan. 

BFF-2024-3.jpg

Meski demikian, Arief menegaskan bahwa dibutuhkan kreativitas untuk membangkitkan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan mengembangkan destinasi wisata di Kawasan hutan dengan tetap melestarikan alam. “Hingga saat ini sudah ada 22 destinasi wisata di Kota Batu yang bekerja sama dengan Perhutani, kita ingin lebih besar lagi,” ujarnya. 

Arief mengatakan tahun 2023 tercatat kunjungan wisatawan ke wisata alam Kota Batu mencapai 2 juta hal ini tidak hanya menambah potensi pendapatan daerah, namun juga menciptakan lapangan pekerjaan baru. 

LewatBatu Bisnis Festival 2024, Dinas Pariwisata memberikan wadah untuk para pengusaha bertemu dan memamerkan produk yang dimiliki, sekaligus menjalin komunikasi antara pebisnis. Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan 28 Mei hingga berakhir nanti tanggal 1 Juni 2024.

Antara lain, Pameran Produk Kreatif dan UMKM Kemenkop dan UKM RI, Pameran Produk Unggulan Nusantara, bisnis investasi pariwisata, ekonomi kreatif, industri, perdagangan, olahraga, pelayanan public, perguruan tinggi, start up, pertanian dan pemeriksaan Kesehatan.

Giat lain yang dilaksanakan adalah Forum Investasi, Bisnis dan Wisata Nusantara, Festival Kuliner Festival Olahraga wisata, gelar seni dan budaya, performance music dan tari, lomba bisnis dan pariwisata SMKN, lomba kreasi video IG, Lomba mewarna dan penghargaan stand terbaik. 

Dalam kesempatan itu Disparta juga memberikan penghargaan kepada lima investor dengan nilai investasi tertinggi yakni PT Palladium Megah Lestari, PT Batu Alam Pratama, PT Madera Sejahtera Indonesia, PT Esa Suwadhara Thani dan PT Mannasatria.

Investor lain yang mendapatkan penghargaan adalah investor dengan kepatuhan pelaporan kinerja penanaman modal terbaik tahun 2023 dan 2024 yakni PT Selecta, PT Dinamika Multi Company, PT Bhirawa Restu Bumi, PT Maju Batu Bersama dan PT Arcs House. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES