Ekonomi

Putar Perekonomian, ASN Didorong Belanja di Tempat Relokasi Pasar Banyuwangi

Rabu, 29 Mei 2024 - 17:29 | 14.15k
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berbelanja di salah satu pasar Di Banyuwangi. (Foto : Dok. TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berbelanja di salah satu pasar Di Banyuwangi. (Foto : Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Dalam rangka pemulihan perekonomian pedagang Pasar Banyuwangi yang telah bersedia direlokasi. Bupati mendorong supaya Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk turut andil membantu dengan berbelanja di tempat relokasi pedagang pasar.

“Jadi ASN sekarang dilibatkan untuk belanja di tempat relokasi para pedagang Pasar Banyuwangi,” ucap Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskop UMP) Banyuwangi Nanin Oktaviantie, pada Rabu (29/5/2024).

Dikesempatan yang lain, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi M Yanuar Bramuda mengatakan, bahwasanya untuk mengangkat kembali perekonomian para pedagang pasar yang telah bersedia direlokasi, atas arahan Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani akhirnya dimunculkan ASN Belanja.

“Jadi sesuai petunjuk ibu bupati, agar tidak hanya memikirkan lokasi relokasi tetapi juga bagaimana pedagang di area relokasi bisa langsung meningkat ekonominya,” kata Bramuda yang akrab disapa Bram.

Program belanja ASN di area relokasi itu, masih Bram, terbagi menjadi dua yaitu belanja tanggal cantik yaitu 6.6 yang dilakukan pada 6 Juni 2024 dan belanja ASN harian.

“Untuk belanja ASN harian ini nanti akan digilir setiap instansi setiap harinya. Jadi mereka belanja untuk keperluan mereka sendiri dirumah,” tandasnya.

Untuk mengetahui kontribusi para ASN tersebut, Bram menerangkan, ASN yang berbelanja di area relokasi diwajibkan untuk melakukan pelaporan secara online lewat aplikasi.

“Mereka harus melaporkan lewat aplikasi dan terbaca di sana,” terangnya.

Adanya tempat relokasi di Gedung Wanita Paramitha Kencana tersebut, para pedagang malah bisa membuka daganganya selama 24 jam. Terlebih di tempat relokasi yang telah dipersiapkan oleh pemerintah Banyuwangi itu, memudahkan para pembeli untuk berkeliling karena saling terkoneksi karena terkumpul dalam satu area.

Bram juga meyakinkan, bahwa berbelanja di area relokasi juga lebih nyaman jika dibandingkan di lokasi lama di Pasar Banyuwangi.

“Sekarang malah Pasar Banyuwangi yang direlokasi itu buka 24 jam dan ekonomi mereka sudah bergerak,” tandasnya.

“Dan lagi pembeli sekarang enak berbelanja sesuai alur jalan, kalau dulu sekali masuk Pasar Banyuwangi sebelah timur mereka tidak akan masuk ke pasar sebelah barat, begitu sebaliknya,” imbuh Bram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES