Ekonomi

Dorong Ekonomi Lokal, Raperda Pengembangan Produk Unggulan Daerah Siap Dimatangkan DPRD Banyuwangi

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:06 | 15.45k
Foto. Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat membeli oleh-oleh produk olahan UMKM lokal. (Dok. TIMES Indonesia).
Foto. Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat membeli oleh-oleh produk olahan UMKM lokal. (Dok. TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kabar gembira bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Banyuwangi!. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi menunjukkan komitmennya untuk melindungi dan mengembangkan produk unggulan daerah melalui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengembangan Produk Unggulan Daerah. 

Dalam rapat paripurna internal yang diadakan pada Senin (10/6/2024) lalu, seluruh anggota DPRD Banyuwangi memberikan lampu hijau untuk pembahasan Raperda Pengembangan Produk Unggulan Daerah ini. 

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Banyuwangi, Sofiandi Susiadi, mengungkapkan rasa syukur atas persetujuan tersebut.

"Alhamdulillah, seluruh anggota yang hadir dalam rapat paripurna internal menyetujui dan menyepakati dua raperda inisiatif dewan ini segera diusulkan untuk dibahas," kata Sofiandi, Jumat, (14/6/2024).

Raperda yang diusulkan oleh Sofiandi ini diharapkan menjadi pedoman bagi pemerintah daerah dalam melindungi dan mengembangkan produk unggulan daerah. Dan Raperda ini telah memenuhi persyaratan secara formil sesuai Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

"Selain itu juga untuk memberikan kepastian hukum terhadap upaya perlindungan dan pengembangan produk unggulan daerah di Banyuwangi," ujarnya.

Lebih lanjut, Sofiandi menjelaskan bahwa Raperda ini bukan hanya untuk melindungi produk lokal, tetapi juga untuk menjaga kekayaan lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

 "Ini adalah langkah penting untuk melestarikan kearifan lokal Banyuwangi dan sekaligus membuka peluang ekonomi bagi masyarakat," imbuhnya.

Dengan disetujuinya Raperda ini, diharapkan produk unggulan daerah Banyuwangi akan semakin berkembang dan mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES