Ekonomi

HIPMI Sidoarjo Ajak Perempuan Mulai Membangun Bisnis

Sabtu, 15 Juni 2024 - 13:25 | 24.65k
Zakaria Dimas Ketua Umum BPC HIPMI Sidoarjo saat membuka Ngobrol Seputar Bisnis (Ngobiz) HIPMI Sidoarjo Volume kedua (Rudi Mulya)
Zakaria Dimas Ketua Umum BPC HIPMI Sidoarjo saat membuka Ngobrol Seputar Bisnis (Ngobiz) HIPMI Sidoarjo Volume kedua (Rudi Mulya)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Sidoarjo (HIPMI Sidoarjo) kembali menggelar diskusi dan ngobrol santai bersama anak-anak muda, pengusaha muda Sidoarjo tentang pengembangan bisnis dan pengembangan UMKM.

Ngobrol Seputar Bisnis (Ngobiz) HIPMI Sidoarjo Volume kedua mengandeng DPC IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Sidoarjo bertemakan 'Semangat Perempuan Sidoarjo Memulai Membangun Bisnis' dengan Narasumber Nindya Harum CMO Lala Group Baby Shop, Irmawati Direktur CV. Sasikirana Mitra Sukses Indonesia,  Agnes Dia Savitri Founder Aqually Spa dan Stefany Imelda yang berprofesi sebagai Presenter TV serta Influencer yang digelar di salah satu kafe di kawasan Kapling DPR Kota Sidoarjo.

Kepada TIMES Indonesia, Dhiyauddin Selaku Ketua Tim Penjaringan Calon Pengurus Hipmi Sidoarjo mengatakan jika dalam Rangka mewujudkan terciptanya ekosistem pengusaha muda perempuan di sidoarjo, Hipmi sidoarjo berkomitmen melakukan akselerasi program kerja hipmi dengan konsisten dalam membuat  ruang-ruang diskusi dan sharing bisnis dalam HIPMI Akademi

hipmi-v.jpg

"Bahwa kegiatan ini (Ngobaz red) merupakan agenda tim penjaringan dalam merekrut para Pengusaha Muda Perempuan di Didoarjo. HIPMI Sidoarjo  berharap, ajang tersebut dapat meningkatkan kualitas pengusaha berwawasan global sehingga mampu memasyarakatkan gerakan kewirausahaan nasional," kata Dhiyauddin, sabtu (15/6/2024).

Dhiyauddin mengungkapkan meski Indonesia sejak dahulu terkenal sebagai saudagar, tetapi jumlah pengusaha di Indonesia sekarang sangat sedikit.

"Pengusaha di negara kita masih sedikit, sekitar 3 persenan. Untuk menuju suatu negara yang maju, Indonesia perlu 14 persen jumlah pengusaha dari jumlah populasi penduduk Indonesia," ungkapnya.

Dhiya menegaskan jika saat ini Pengusaha Perempuan sangat minim di Indonesia. Oleh karena itu HIPMI Sidoarjo akan terus menggandeng perempuan-perempuan muda untuk berani maju menunjukkan karya-karyanya ke masyarakat luas.

HIPMI.jpgDhiyauddin Selaku Ketua Tim Penjaringan Calon Pengurus Hipmi Sidoarjo

Pasalnya, kemampuan perempuan dalam mengembangkan bisnis tak kalah dengan kaum laki-laki.

"Kami berharap Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemkab Sidoarjo mendukung peranan perempuan di daerah untuk berwira usaha. Mengingat banyak pengusaha perempuan di daerah yang belum diberdayakan sepenuhnya dan sangat perlu kolaborasi dengan Pemerintah Daerah," harapnya.

Sementara terpisah, Zakaria Dimas Ketua Umum BPC HIPMI Sidoarjo menambahkan jika kaum Perempuan memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi. Di Indonesia, perempuan mewakili lebih separuh populasi dan merupakan kontributor utama dalam berbagai sektor, termasuk UMKM. 

"Kami yakin dengan memberdayakan perempuan secara ekonomi yang merupakan prasyarat untuk pembangunan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi, pemenuhan hak anak dan perempuan, peningkatan kesejahteraan masyarakat yang setara berdaya dan mendorong kemajuan bangsa," jelasnya.

Mas Dimas sapaan akrab pengusaha digital Marketing ini mengaku jika pihaknya (HIPMI Sidoarjo red) memiliki berbagai program kegiatan banyak nantinya untuk mendorong ekosistem womenpreneur, seperti memperluas jaringan dengan ruang-ruang dialektika dan aksi perempuan pengusaha untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan peluang melalui kegiatan Sharing Bisnis, Kepelatihan, Inkubasi Bisnis, business matching, Visit Business maupun gathering, kemudian kolaborasi antarpengusaha perempuan untuk menciptakan peluang dan sinergi yang lebih besar dalam mengkonversikan relasi para pengusaha muda perempuan.

"Kami akan selalu berkolaborasi dalam mendukung pemberdayaan perempuan. Bersama-sama, dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perempuan untuk berkembang dan mencapai potensi penuh mereka untuk memperkuat komitmen dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di Indonesia," pungkasnya.

Diketahui DPC HIPMI Kabupaten Sidoarjo kepengurusan 2024-2027 mengandeng TIMES Indonesia sebagai Media Partner untuk kolaborasi penyebaran berita positif tentang kegiatan HIPMI Sidoarjo dan ekonomi kreatif serta kewirausahaan pengusaha muda di Kabupaten Sidoarjo yang saat ini dinakodai Zakaria Dimas Ketua Umum BPC HIPMI Sidoarjo. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES