Ekonomi

E-Commerce Indonesia Berlomba Tingkatkan Kepuasan Konsumen, Ini Aspek yang Harus Diperhatikan

Kamis, 20 Juni 2024 - 21:54 | 36.42k
Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia saat konferensi pers secara virtual. (Foto: Tangkapan layar zoom)
Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia saat konferensi pers secara virtual. (Foto: Tangkapan layar zoom)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perubahan perilaku masyarakat secara signifikan terhadap belanja online selaras dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat. 

Hal tersebut membuat para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saing melalui inovasi fitur serta program.

Melihat hal tersebut, IPSOS, salah satu perusahaan riset pasar dan jajak pendapat terbesar di dunia melakukan riset dengan tajuk ”Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce”. 

Riset ini melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai e-commerce yang tersedia di Indonesia, untuk mengulik aspek-aspek apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam merasakan pengalaman belanja yang holistik.

“Sejak kehadiran platform e-commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang," ungkap Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia yang dikutip TIMES Indonesia melalui keterangan resmi, Kamis (20/6/2024). 

Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, lanjutnya, para platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam.

IPSOS-Indonesia-2.jpg

"Melalui riset, IPSOS menemukan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online," jelasnya. 

Dimana, Shopee meraih 62 persen untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia sebesar 46 persen, TikTok Shop 42 persen, dan Lazada sebesar 36 persen. 

"Pengalaman berbelanja secara holistik dengan mengedepankan kepuasan konsumen menjadi daya tarik utama pada sebuah platform e-commerce," kata Andi Sukma. 

Jika diamati lebih lanjut, terdapat berbagai aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online diantaranya ragam pilihan metode pembayaran, pilihan metode pembayaran COD, ketersediaan toko resmi yang beragam. 

"Selain itu, pilihan barang dengan harga termurah, ragam pilihan layanan pengiriman, kecepatan pengiriman, estimasi waktu pengiriman, layanan paylater, kompensasi keterlambatan pengiriman, proses pengembalian barang hingga batas waktu pengajuan pengembalian barang," bebernya. 

Selain fitur belanja, memastikan pesanan sampai di tangan pelanggan dengan pengiriman yang cepat dan tepat juga menjadi salah satu prioritas utama dalam memilih platform e-commerce. Riset IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 ini juga menemukan beberapa aspek yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online.

"Pengalaman belanja holistik yang memuaskan dirasa belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman serta proses pengembalian yang mudah," imbuhnya. 

Lebih lanjut, riset yang dilakukan IPSOS menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform. 

"Dari data yang telah kami peroleh dan sajikan, terlihat jelas bahwa Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online holistik yang memuaskan dari awal hingga akhir bagi masyarakat. Semua aspek menjadikan Shopee sebagai platform e-commerce yang paling diandalkan dan direkomendasikan oleh konsumen di Indonesia," pungkas Andi Sukma. 

Meningkatnya minat belanja online membuka peluang besar bagi platform e-commerce untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES