Ekonomi

Kereta Api Banyuwangi-Jakarta Bakal Dongkrak Jumlah Kunjungan Wisata

Jumat, 28 Juni 2024 - 18:00 | 15.27k
Kereta Api Indonesia melintas di Jembatan Pakis, Kabat, Banyuwangi (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)
Kereta Api Indonesia melintas di Jembatan Pakis, Kabat, Banyuwangi (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dikabarkan akan segera meluncurkan relasi baru, yaitu Kereta Api Banyuwangi-Jakarta pada bulan Juli 2024 mendatang. 

Hadirnya jalur Kereta Api Banyuwangi-Jakarta ini digadang akan berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan ke ujung timur Pulau Jawa yang terkenal dengan keindahan alam memukau dan kekayaan budayanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kereta Api Banyuwangi-Jakarta yang baru ini akan melalui jalur utara alias via Semarang. 

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyambut baik rencana dibukanya rute kereta api tersebut. Menurutnya, relasi baru Kereta Api Banyuwangi-Jakarta ini akan memberikan dampak positif bagi Bumi Blambangan. Baik dari segi aspek ekonomi maupun sosial. 

“Segera dibukanya rute Jakarta–Banyuwangi tentu memberikan dampak positif kepada kita. Berbagai macam pilihan transportasi Banyuwangi dari dan menuju Jakata sekarang banyak alternatif. Selain pesawat dan bus, kini ditambah kereta api," kata Ipuk, Jumat, (28/6/2024).

Ipuk berharap dengan adanya transportasi kereta ke Banyuwangi, kunjungan ke Banyuwangi akan meningkat. Pemkab Banyuwangi akan terus memaksimalkan potensi ekonomi yang hadir.

"Banyuwangi pastinya akan mempersiapkan dampak positif tentunya. Kunjungan akan lebih banyak ke Banyuwangi, potensi peningkatan ekonomi warga juga terkerek pastinya," ungkapnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Komang Sudira Atmaja membenarkan kabar menggembirakan ini. Rencananya rute Kereta Api Banyuwangi-Jakarta bakal dilayani menggunakan rangkaian KA Blambangan Ekspress.

"Ya benar, berdasar info dari KAI Daop IX relasi Banyuwangi–Jakarta jalur utara (via Semarang) akan segera dimulai bulan depan, Juli 2024," kata Komang.

Untuk diketahui, KA Blambangan Ekspress adalah kereta api penumpang kelas eksekutif dan ekonomi yang selama ini melayani relasi Stasiun Ketapang Banyuwangi-Stasiun Semarang Tawang.

Dengan adanya perpanjangan hingga Jakarta, kereta yang diluncurkan tahun 2022 ini bakal melayani rute Stasiun Ketapang (Banyuwangi) - Stasiun Pasarsenen Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES