Ekonomi

Testimoni Powell dan Optimisme Gubernur BI Iringi Pergerakan IHSG Hari Ini

Rabu, 10 Juli 2024 - 07:32 | 12.25k
Ilustrasi perdagangan saham. (Foto: TIMES AI Academy)
Ilustrasi perdagangan saham. (Foto: TIMES AI Academy)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kondisi pasar yang wait and see dalam mencerna informasi terbaru dari pernyataan Chairman The Fed Jerome Powell di depan Kongres tadi malam, sepertinya juga akan berimbas bagi pergerakan IHSG pada hari ini (10/7/2024). 

Dalam pernyataannya, The Fed mengatakan bahwa inflasi memang sudah lebih rendah.  Akan tetapi, The Fed masih membutuhkan 'data baik' yang lebih banyak untuk meyakinkan bahwa inflasi US memang sedang menuju target mereka di 2 persen. 

Pernyataan ini disikapi dengan berhati-hati oleh pelaku pasar,  dengan indeks Dow Jones Industrial turun tipis 0,13 persen, S&P 500 naik 0,07 persen, dan Nasdaq naik tipis 0,14 persen. 

Pasar Asia juga terlihat mensikapi perkembangan dengan berhati-hati, dengan Indeks Nikkei pagi hari ini hanya running dengan kenaikan tipis 0,18 persen, dan indeks Hang Seng dibuka dengan kenaikan 0,76 persen. 

Setelah kenaikan yang tertahan yang terjadi kemarin, IHSG hari ini diperkirakan tetap akan bergerak flat-naik pada kisaran 7.235-7.310.  Hanya penutupan di bawah support pertama di 7.235 yang akan memberikan signal negatif untuk pergerakan IHSG selanjutnya.

Pada perdagangan Selasa (9/7/2024), saham-saham sektor perbankan terlihat bergairah menyusul pernyataan dari Gubernur BI atas kemungkinan penurunan suku bunga di Kuartal ke IV di tahun 2024 ini.

Pergerakan yang terjadi tidak hanya terlihat pada saham-saham perbankan papan atas, tapi juga pada perbankan lapis kedua, bahkan perbankan syariah.  

Pasar sepertinya masih fokus pada sektor perbankan, karena harga komoditas pada pergerakan IHSG semalam terlihat masih cenderung bergerak turun. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES