Ekonomi

PNM Dorong UMKM Terapkan Hospitality untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Selasa, 10 September 2024 - 08:42 | 27.20k
Engagement ke UMKM ala PNM terus dilakukan agar UMKM makin produktif. (Foto: DOK PNM FOR TI)
Engagement ke UMKM ala PNM terus dilakukan agar UMKM makin produktif. (Foto: DOK PNM FOR TI)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk nasabah PNM Mekaar, untuk menerapkan prinsip hospitality atau keramahan dalam pelayanan mereka.

Langkah ini dinilai penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Advertisement

L. Dodot Patria Ary, Sekretaris Perusahaan PNM, menjelaskan bahwa keramahan adalah aspek krusial dalam memenangkan hati pelanggan, terutama di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. "Dalam dunia usaha, tantangan besar bagi UMKM adalah menonjol di pasar yang penuh persaingan. *Hospitality* bisa dimulai dengan menyapa dan senyum ramah saat melayani pembeli," ujar Dodot.

Menurutnya, pelayanan prima dan keramahan akan memberikan kesan yang baik kepada pelanggan, membuat mereka merasa nyaman dan ingin kembali berbelanja. Hal ini dipercaya sebagai salah satu kunci sukses dalam membangun loyalitas pelanggan. Selain itu, meskipun UMKM masih berskala kecil, mereka disarankan untuk belajar dari bisnis yang lebih besar dalam memberikan pelayanan berkualitas.

“Walaupun usahanya mikro, pelayanannya harus tetap berupaya mengikuti standar bisnis yang lebih besar. Dengan begitu, UMKM dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan,” tambah Dodot.

PNM juga menekankan pentingnya hospitality dalam menciptakan suasana belanja yang nyaman. Pelaku UMKM harus peka terhadap preferensi pelanggan agar dapat menciptakan hubungan emosional yang lebih kuat, yang pada akhirnya dapat berdampak positif pada peningkatan penjualan.

"Pengalaman belanja yang positif akan membuat pelanggan merasa dihargai dan nyaman. Inilah yang akan mendorong mereka untuk kembali berbelanja, sehingga hubungan jangka panjang antara pelaku usaha dan pelanggan bisa terbangun," kata Dodot.

Dengan menerapkan prinsip *hospitality*, PNM percaya UMKM dapat menciptakan diferensiasi yang membedakan mereka dari pesaing lainnya. Penerapan ini tidak hanya menjaga loyalitas pelanggan, tetapi juga berkontribusi terhadap keberhasilan jangka panjang usaha mikro.

Dalam konteks Hari Pelanggan Nasional, PNM berharap pelaku UMKM dapat lebih memahami pentingnya memberikan apresiasi kepada pelanggan melalui pelayanan yang ramah dan berkesan, sebagai bagian dari strategi bisnis yang berkelanjutan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES