Entertainment Piala Dunia 2022

Soroti Isu HAM, Dua Lipa Bantah Rumor Tampil di Piala Dunia 2022

Senin, 14 November 2022 - 10:58 | 22.31k
Soroti Isu HAM, Dua Lipa Bantah Rumor Tampil di Piala Dunia 2022
Dua Lipa menyoroti isu HAM yang menyertai gelaran Piala Dunia 2022 (FOTO: Emma McIntyre/GettyImages via COMPLEX)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyanyi Dua Lipa membantah rumor yang berkembang bahwa ia akan tampil di pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar bulan ini.

"Saat ini ada banyak spekulasi jika saya akan tampil di upacara pembukaan Piala Dunia di Qatar. Saya tak akan tampil, juga saya tak pernah terlibat dalam negosiasi apapun untuk tampil," ujar penyanyi 'New Rules' itu via Instagram Story. 

"Saya akan mendukung Inggris dari jauh. Saya menanti saat mengunjungi Qatar saat mereka sudah memenuhi hak asasi manusia yang mereka janjikan saat mereka memenangi hak menjadi tuan rumah Piala Dunia," lanjut Dia Lipa.

Masalah hak asasi manusia (HAM) memang menjadi isu krusial pada Piala Dunia 2022. Dilaporkan bahwa ribuan pekerja migran telah tewas di Qatar sejak negara Timur Tengah itu memenangi hak menggelar Piala Dunia.

Menurut data PBS, pengerjaan venue dan persiapan Piala Dunia melibatkan tenaga kerja yang 90 persen di antaranya adalah pekerja migran. Tahun lalu, Guardian melaporkan tak kurang dari 6500 pekerja migran telah tewas sejak Qatar resmi ditunjuk sebagai tuan rumah.

Meski demikian, otoritas Qatar sendiri selalu membantah rumor tersebut. 

Tak hanya itu, gelaran Piala Dunia 2022 mendatang juga banyak disorot karena waktu penyelenggaraannya yang digeser dari musim panas ke musim dingin karena alasan panas ekstrem.

Jika Dua Lipa membantah rumor tersebut, Jungkook BTS mengonfirmasi dirinya siap guncang panggung Piala Dunia 2022. Kepastian tersebut diumumkan langsung oleh Big Hit selaku agensinya.

Big Hit mengatakan Jungkook akan tampil dalam seremonial pembukaan Piala Dunia yang digelar di Qatar pada 20 November 2022.  Jungkook juga mengisi soundtrack Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

"Dengan bangga mengumumkan bahwa Jungkook adalah bagian dari soundtrack Piasa Dunia FIFA Qatar 2022 dan akan tampil di upacara pembukaan Piala Dunia," tulis Big Hit pada laman media sosialnya. 

Pada acara seremonial pembukaan Piala Dunia itu, Jungkook juga akan tampil Shakira dan Black Eyed Peas. Jungkook BTS terpilih sebagai pengisi sountrack dan membuka Piala Dunia, sebelumnya ia ditunjuk dari Team Century, brand ambassador Hyundai Motor Company. 

CEO Hyundai Motor Company Jaejoon Chang sengaja memilih BTS karena saat ini grup ini sangat berpengaruh secara global. "Sebagai salah satu artis global paling berpengaruh di dunia, BTS dan musik mereka sangat mempengaruhi masyarakat kita untuk berkembang ke arah yang lebih positif," ungkap Chang. 

Ia berharap melalui kampanye Piala Dunia besama BTS, bisa memberikan semangat seluruh orang.  "Melalui kampanye Piala Dunia bersama BTS, kami berharap bisa menciptkan kesempatan bagi orang-orang di seluruh dunia untuk bersatu menuju satu tujuan keberlanjutan dan saling memberi semangat pada satu sama lain," imbuhnya.

Sebelumnya Hyundai Motor dan BTS telah bekerjasama dengan BTS merilis lagu untuk memperingati Piala Dunia 2022. Lagu itu merupakan remix dari lagu Yet to Come yangsudah dirilis pertengahan tahun. 

Yet To Come Hyundai versi dideskripsikan sebagai remix bergenre British rock. Liriknya dibedakan dari lagu Yet to Come (The Most Beautiful Moment). Lirik itu terdapat pesan yang senada dengan kampanye Goal of Century yang digaungkan Hyundai. 

Dalam kampanye Goal of Century, Hyundai mengajak pemimpin dunia untuk mewujudkan netralitas karbon di Piala Dunia 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES