Entertainment

Keren, Mahasiswa ITB Jinan Laetitia Sabet Penghargaan AMI Awards 2022

Rabu, 14 Desember 2022 - 12:23 | 112.94k
Mahasiswa FSRD ITB Bandung, Jinan Laetitia berhasil meraih penghargaan AMI Awards 2022, kategori Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik. (Foto: Instagram/jinanlaetitia)
Mahasiswa FSRD ITB Bandung, Jinan Laetitia berhasil meraih penghargaan AMI Awards 2022, kategori Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik. (Foto: Instagram/jinanlaetitia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Jinan Laetitia berhasil meraih ajang penghargaan musik Indonesia 2022.

Ia mendapatkan piala penghargaan kategori Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik di Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2022.

Saat ini dirinya tengah menyelesaikan studi di Seni Rupa Studio Kajian. Lahir dari keluarga pemusik menjadikan Jinan sudah tidak asing dengan seni musik sejak kecil. 

Kegemarannya dengan musik berawal dari ayahnya yang sering memutar musik jazz di rumah dan lantunan musik piano. "Ayah aku seorang keyboardist dan sering muter lagu jazz jadi sudah terbiasa dengan musik sejak kecil," ungkap Jinan.

Tahun 2019 menjadi titik awal Jinan bermusik. Berawal dari gubahan lagu menggunakan ukulele kesayangannya menjadikannya bermusik di bawah label musik Warner Musik Indonesia. 

Jinan-Laetitia-2.jpg

Lagu ciptaannya juga mendapat respons baik dari orang sekitarnya sehingga semakin memotivasi dia untuk mengembangkan karyanya. Setelah beberapa lagu yang Jinan ciptakan ternyata didengar oleh label musik Warner Music Indonesia dan dikontrak hingga saat ini.

"Awalnya iseng bikin lagu pake Ukulele terus diunggah di Soundcloud dan aku share ke teman-teman. Mereka suka dan nyaranin untuk diunggah di Spotify," ungkap dia.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya tidak berpatok pada genre musik. Jinan hanya ingin menciptakan lagu yang dirasa memiliki instrumen yang menarik dan enak dinyanyikan. 

Hingga akhirnya, dia menjadi nominasi Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer di AMI Awards 2022. Dari sinilah Jinan menyadari jenis musik yang dia ciptakan R&B Kontemporer dan menjadikan single "Vanilla" memenangkan penghargaan tersebut.

Di tengah kesibukan menjalani mahasiswa tingkat akhir, tidak membatasinya untuk berkarya. Jinan mengungkapkan bahwa akan meluncurkan single terbarunya yang direncanakan mulai melakukan proses syuting di Januari 2023. 

Beberapa tawaran pertunjukan juga sedang dia jalani. Selain itu, setelah lulus kuliah Jinan mencoba memfokuskan untuk menekuni musik dan kajian seni.

Jinan-Laetitia-3.jpg

"Just do what you love. Jangan terpaku pada apa yang kita pelajari di kuliah aja. Dunia kerja tidak statis dan apa yg kita pelajari hanya jadi basis pikiran kita, selebihnya kita yang menentukan mau kemana arah dan tujuan kita," tuturnya.

Untuk diketahui, Jinan Laetitia memulai debutnya dengan Warner Music Indonesia dan meluncurkan single terbaru berjudul Forgive. Sebelumnya, Jinan berkarier secara independen dengan merilis beberapa lagu indie termasuk Whenever dan Gemini

Sejak bergabung dengan Warner Music Indonesia di tahun 2021, Jihan pun mulai memberanikan dirinya untuk bisa berkarir di dunia musik internasional.  Ia juga telah meluncurkan beberapa judul lagu.

Namun, lagu yang diciptakannya kebanyakan menggunakan lirik bahasa Inggris. Salah satunya lagu Forgive yang merupakan refleksi perjalanan diri dan menjadi single debut Jinan dengan Warner Music Indonesia. 

Menurut Jinan, Forgive adalah karya yang paling berkesan karena digarap secara profesional oleh Warner Music Indonesia.

Hal tersebut menjadi pengalaman baru bagi dia. Utamanya berkarya di studio profesional, sebab sebelumnya ia melakukan semua proses produksi di rumahnya.

Gayung bersambut, musisi muda asal Jakarta ini akhirnya mendapatkan apresiasi dari pendengar musik Tanah Air hingga beberapa negara Asia lainnya, seperti Taiwan, Hongkong, dan Singapura.

Bahkan Jinan memiliki pendengar hingga Amerika Serikat. Hingga penyanyi Pamungkas pun memberi ulasan positif kepada karyanya.

Jinan Laetitia konsisten berkarya dalam dunia musik sebagai pencipta, produser dan penyanyi sejak usia belia. 

Karya penyanyi Mahasiswa FSRD ITB ini dipengaruhi oleh musik-musik seperti R&B, pop, hip-hop, dan soul. Selain itu, Jinan Laetitia juga mendapatkan banyak pengaruh melalui para artis seperti FKA Twigs, Kehlani, Kendrick Lamar, Ashnikko hingga BTS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES