Entertainment

Pesona Mataraman Fashion Trend Pikat Pengunjung Karya Kreatif Mataraman

Sabtu, 17 Juni 2023 - 22:49 | 211.50k
Mataraman Fashion Trend di malam Karya Kreatif Mataraman (foto: yobby/TIMES Indonesia) 
Mataraman Fashion Trend di malam Karya Kreatif Mataraman (foto: yobby/TIMES Indonesia) 
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Warna warni wastra wilayah Mataraman memiliki ciri khas tersendiri membuatnya semakin terlihat cantik  dan menarik.

 Pesona cantik wastra Mataraman yang tampil dalam Mataraman Fashion Trend, sukses memikat perhatian para pengunjung Karya Kreatif Mataraman (KKM) di halaman Balai Kota Kediri, Sabtu (17/06/2023). 

Advertisement

Ini adalah kali pertama Mataraman Fashion Trend digelar di Kota Kediri. Wastra yang telah disulap menjadi bermacam tema fashion itu dibawakan dengan semarak oleh 25 model dan mengusung ciri khas masing-masing Wastra, seperti Tenun Ikat Bandar Kidul yang berasal dari kota  Kediri.

"Bahan bahan yang digunakan merupakan hasil karya kreatif UMKM di wilayah Mataraman," tutur Kepala Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Kediri Choirur Rofiq. 

Matraman-Fashion-Trend-b.jpg

Mataraman Fashion Trend melibatkan 20 desainer yang sebelumnya ikut ambil bagian dalam Wastra Mataraman Bootcamp serta 10 siswa SMKN 3 Kota Kediri.

Seperti diketahui Wastra Mataraman Bootcamp merupakan program mentoring yang diinisiasi Bank Indonesia Cabang Kediri bersama Dekrasnada kota Kediri.

Ini adalah kali ketiga para desainer tersebut menampilkan hasil karyanya. "Bisa kita lihat improvementnya, mereka semakin bagus peningkatannya," tambahnya. 

Ia berharap dengan wastra Mataraman makin dikenal publik, nantinya akan muncul sebuah industri fashion yang bisa mendukung ekosistem ekonomi kreatif di kawasan Mataraman. Dengan ekonomi kreatif yang terus tumbuh, maka UMKM juga akan makin berkembang. 

"Dengan kawasan Mataraman memiliki batik dan tenun, semoga nanti ada industri fashion yang ready to wear," pungkas Choirur Rofiq. 

Karya Kreatif Mataraman (KKM) tahun 2023 merupakan kegiatan yang difokuskan untuk memperkenalkan wisata kearifan budaya lokal, menampilkan produk wastra dan produk turunan berkelanjutan antara lain berupa tas, perhiasan, produk ready to wear, dan aksesoris serta craft se eks-Keresidenan Kediri Madiun (wilayah Mataraman), sekaligus mengakselerasi akseptasi digital bagi UMKM dan masyarakat luas untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Matraman-Fashion-Trend-c.jpg

“Dengan dihadirkannya UMKM dari berbagai daerah, diharapkan dapat terjadi business matching antar UMKM, dan saling bertukar informasi untuk peningkatan kualitas produk sehingga kedepan UMKM tersebut bisa naik kelas," tambah Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. 

Selain fashion, Karya Kreatif Mataraman turut memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai literasi keuangan. Anak-anak sekolah turut dilibatkan agar lebih melek terhadap literasi keuangan dan juga digitalisasi keuangan, seperti penggunaan QRIS. Dalam kesempatan itu juga turut dilaunching pengembangan ekosistem Wisata QRIS dengan penyerahan mockup wisata QRIS kepada wakil pengelola empat lokasi di Kota Kediri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES