Entertainment

3 Band Metal Kiblatnya Para Musisi Hard-Rock Era Sekarang

Minggu, 24 September 2023 - 17:14 | 140.92k
Ilustrasi: Penyanyi dan pemain gitar aliran musik metal atau hard-rock. (Foto: Freepik)
Ilustrasi: Penyanyi dan pemain gitar aliran musik metal atau hard-rock. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aliran musik metal telah lama dikenal sebagai simbol kekuatan dan ekspresi yang mendalam. Dengan suara keras, riff gitar yang menggetarkan, dan vokal bergema yang memikat, aliarn yang juga dikenal dengan nama hard-rock tersebut mengangkat tema-tema kegelapan, kehidupan, kematian, dan bahkan politik.

Namun, di balik gebrakan zaman dan eksperimen artistik, terdapat sejumlah band yang dianggap sebagai pionir. Bahkan hingga saat ini, band-band metal zaman sekarang masih mengikuti dan terinspirasi dari jejak legendaris yang telah diukir oleh band-band metal terdahulu.

Tiga Contoh Band Kiblat Band Metal 

1. Black Sabbath

Pada awal 1970-an, band ini menelorkan suara baru yang keras, gelap, dan mengguncang. Album debut mereka yang bernama sama dengan nama band, "Black Sabbath", menciptakan revolusi dalam musik rock. Riff gitar yang berat dan suara vokal mendalam Ozzy Osbourne membedakan mereka.

Hits seperti "Iron Man" dan "Paranoid" adalah lagu yang menggema di seluruh dunia. Mereka membawa kesan kegelapan yang intens dan kontemplatif dalam liriknya, mengukir identitas bagi generasi baru band metal.

2. Metallica

Metallica, lahir di Amerika Serikat pada tahun 1981 dan merupakan salah satu band metal yang paling ikonik di seluruh dunia. Mereka telah menorehkan namanya dalam sejarah musik dengan karya monumental seperti "Master of Puppets" dan "Ride the Lightning".

Keterampilan bermain gitar yang luar biasa dari James Hetfield dan Kirk Hammett, bersama dengan ritme yang menggelegar dan vokal yang menghanyutkan, menjadikan mereka salah satu band terkenal di seluruh dunia. 

Namun, daya tarik Metallica tidak hanya terbatas pada satu genre. Album terkenal mereka, "Metallica" atau lebih dikenal sebagai The Black Album, membawa mereka ke arah musik yang lebih melodi dan lebih mudah diakses, mengundang lebih banyak pendengar.

3. Iron Maiden

Iron Maiden adalah sebuah band metal asal London, Inggris, yang didirikan pada tahun 1975. Dikenal dengan vokal khas Bruce Dickinson, Iron Maiden adalah band yang mendorong metal ke tingkat berikutnya. Mereka membawa era baru metal dengan album-album ikonik seperti "The Number of the Beast" dan "Powerslave".

Musik mereka dikenal karena instrumentalis brilian, narasi epik, dan seni kover yang ikonik seperti Eddie the Head. Iron Maiden adalah band yang berhasil menciptakan antusiasme luar biasa di antara para penggemar metal dan secara signifikan memperluas pengaruh genre ini ke seluruh dunia.

Secara keseluruhan, Black Sabbath, Metallica, dan Iron Maiden adalah legenda dalam dunia musik metal. Mereka membentuk dan mempengaruhi arah genre ini dengan cara yang unik. Dalam perjalanan musik yang panjang dan penuh perjuangan, ketiganya tetap menjadi pilar-pilar metal yang tak tergantikan. Musik hard-rock telah menciptakan warisan yang akan terus mempengaruhi dan menginspirasi generasi baru musisi metal.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES