Entertainment

Manfaatkan AI The Beatles Rilis Lagu Terbaru dengan Suara John Lennon

Minggu, 29 Oktober 2023 - 01:18 | 47.16k
The Beatles manfaatkan AI untuk lagu Now and Then. (FOTO: APPLE CORPS LTD.)
The Beatles manfaatkan AI untuk lagu Now and Then. (FOTO: APPLE CORPS LTD.)

TIMESINDONESIA, MALANGThe Beatles segera merilis lagu baru berjudul Now and Then dengan suara mendiang John Lennon. Band rock asal Inggris ini memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk suara sang vokalis. 

Lagu yang disebut sebagai lagu terakhir The beatles itu akan diluncurkan pada 2 november 2023 mendatang. 

Dikutip dari Reuters, perusahaan rekaman Universal Music Group (UMG) menjelaskan lagu ini tak hanya diisi suara oleh John Lennon, namun juga oleh anggota The Beatles lainnya mendiang George Harrison, Paul McCartney dan Ringo Star serta dua anggota lainnya. 

Pada Reuters, McCartney merasa emosional selama penggarapan lagu ini, sebab ia merasa ada kedekatan dan kehadiran John Lennon. Ia juga bangga sebab lagu ini akhirnya dirilis pada 2023 ini. 

"Sangat emosional dalam penggarapannya, namun kini kami lega lagu ini akan segera dirilis, ini adalah hal yang sangat menyenangkan," kata McCartney. 

Hal serupa juga diungkap oleh Rongo Starr. "Lagu ini adalah hal yang paling dekat yang membuat kami dapat merasakan kembali kehadirannya," sebut Starr. 

Now and Then sebenarnya lagu lawas yang digarap sebagai rekaman demo (home demo) oleh John Lennon pada 1970-an. Namun lagu tersebut urung dirilis karena The Beatles menyatakan bubar. 

Setelah meninggalnya John Lennon, Yoko Ono (istri Lennon) memberikan beberapa set rekaman yang termasuk di dalamnya lagu Now and Then pada anggota The Beatles lainnya. Lagu tersebut kemudian direkam ulang dengan suara masing-masing anggota. 

Sayangnya pada masa itu teknologi belum secanggih sekarang. Suara John Lennon dan pianonya tidak dapat dipisahkan untuk mendapatkan hasil yang jernih. 

Sampai pada tahun 2021, muncul ide pembuatan ulang hadir saat dirilisnya dokumenter 'The Beatles: Get Back' yang digarap sutradara Peter Jackson. Saat itu Jackson menggunakan teknologi AI untuk mengisolasi suara John Lennon beserta instrumen musik dari rekaman tersebut. The Beatles kemudian sepakat menggunakan AI untuk merilis lagu Now and Then. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES