Entertainment

Panggung 3 VOC ROCK, Tiga Rocker Kawak Rilis Single Bersama

Senin, 27 November 2023 - 00:16 | 117.78k
Tommy Exentrix (tengah) saat press conference bersama Temmy Zein dan Yopie Mata dalam acara 3 VOC ROCK di Colors Pub Surabaya, Minggu (26/11/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Tommy Exentrix (tengah) saat press conference bersama Temmy Zein dan Yopie Mata dalam acara 3 VOC ROCK di Colors Pub Surabaya, Minggu (26/11/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Rocker muda Tommy Exentrix kembali menghentak musik cadas tanah air bersama Temmy Zein dan Yopie Mata. Masing-masing meluncurkan single terbaru dalam ajang 3 VOCK ROCK di Colors Pub Surabaya, Minggu (26/11/2023).

Tommy meluncurkan single dengan judul Bersatu Bersama. Lagu ini diciptakan Tommy Maranua (ex Boomerang).

Sementara Temmy Zein merilis single bertajuk Maling. Lagu itu diciptakan oleh Aries Budi Santoso, gitaris Rampak Naong Band yang pernah hits dengan lagu Tergoda pada tahun 2000 an.  

Single Maling ini digarap ulang dibantu arrangement dan didirect langsung oleh Taraz Bistara (TRIAD). 

Sedangkan single terbaru Yopie Mata berjudul I Hate You. Diciptakan oleh Yopie sendiri bersama (almarhum) Erick gitaris dari Mata (Dream Band). 

Peluncuran berjamaah tersebut bukan tanpa alasan. Mereka ingin mencetak monumen penting penghujung tahun dengan sebuah tema besar performance bertajuk 3 VOC ROCK di Colors Pub Surabaya.

Rockstars Nation Management menamai pasukan vokalis ini sebagai All Stars Rockstars Nation.

Tommy Exentrix dikenal sebagai Tommexx sebetulnya sudah mengawali rilis single beberapa waktu lalu. Kemudian ia berpikir untuk mengajak kakaknya Temmy Zein yang juga seorang rocker dan  Yopie Mata,  sahabat karibnya. Tommexx memberikan semangat agar kedua musisi mau bergabung di Rockstars Nation dan lahirlah acara keren bernama 3 VOC ROCK.

Bagi Tommexx pribadi, ada mimpi besar meramaikan kembali musik rock di tengah hiruk pikuk musik lain. Ia ingin rock menjadi FYP. Memunculkan rock di media sosial agar tren rock menanjak kembali.

Bahkan, Tommexx sempat membangun komunitas Rock is My Way sebagai tempat saling mendukung sesama musisi. 

"Kalau rock terus timbul di media sosial, aku yakin bakalan FYP, bakalan booming lagi," kata Tommexx, Minggu (26/11/2023).

Mundur ke belakang, Tommexx adalah pendiri sekaligus front man dari vocalis Exentrix band (Jakarta). Exentrix ia bangun kala hijrah ke ibu kota 2009 silam.

Ia juga aktif berkecimpung di industri musik Tanah Air hingga sekarang. Dalam perjalanan membangun Exentrix band, Tommexx telah membuahkan karya 1 album dan beberapa single berikut 5 clip official.

TommexX juga pernah berkolaborasi dengan beberapa artis rock papan atas ibu kota seperti Roy Jeconiah, John Paul Ivan Boomerang, Andy Rif, Candil, Irang Arkad, Bongky & Indra Q Bip, Well Welly X Slank dan masih banyak lagi. 

Kini Tommexx sedang melebarkan karya nya melalui solo karier.

"Ini merupakan sebuah ruangan kebebasan untuk explore imaginasi saya dalam membuat sebuah karya," terangnya.

Mirip dengan sang adik, Temmy Zein adalah 
lady rocker mantan vocalis Zenith band (Jakarta). 

Jam terbang dan segunung pengalaman manggung sudah pernah dilewatinya sejak hijrah ke Jakarta. Temmy Zein juga beberapa tahun lalu sempat dipanggil sebagai Temmy Zenith.

Dalam karirnya, Temmy Zein sempat mendukung tour Ahmad band (Ahmad Dani), berkolaborasi dengan Mel Shandy, Nicky Astria, GrassRock, Totok Tewel, Renny Djajoesman, project Exentrix band di clip lagu Sedhuluran Sampek Matek bersama teman-teman artis lainnya seperti Roy Jeconiah, John Paul Ivan Boomerang, Arul Efansyah X Power Metal, Pilot dan lainnya.

Begitu pula Yopie Mata. Ia adalah vocalis Mata, jebolan dari ajang pencarian bakat Dream Band pada tahun 2000 an bersama finalis lainnya seperti Kotak dan Kapten. 

Yopie Mata juga pernah membuat solo project bersama Erwin Gutawa dan teman-teman artis lainnya tahun 2000 an. Single Rock Bergema berkolaborasi dengan Erwin Gutawa adalah salah satu single album nya waktu itu. 

Single yang dirilis kali ini sebenarnya adalah materi yang akan dirilis bersama teman-teman Mata di Dream Band.

"Namun karena kesibukan personel Mata yang lainnya, saya memutuskan untuk jalan terlebih dahulu melalui project solo," ujarnya.

Pertunjukan tiga vokalis tersebut juga mendapat dukungan dari sejumlah musisi. Ada nama Jufus J'Force.

Musisi multi talenta asal Kota Surabaya ini didaulat menjadi bassist sekaligus keybordist di acara launching single 3 VOC ROCK.

Pada di awal karier nya memang Jufus menempuh jalur Indie terlebih dahulu. Akan tetapi saat awal 2002, Jufus mulai aktif menambah jam terbangnya dari Surabaya ke Jakarta dan Bandung. 

"Saya berkarya di jalur label dengan genre pop-rock," tandasnya.

Selain bermusik di jalur populer, musisi yang satu ini juga pernah membuat band dan ikut berperan di beberapa band yang memiliki genre Black Metal, Punk, Ghotic, Metalcore, Hardcore, DeathMetal dan Grindcore.

Ada band Camboja, Kerangka, Memar, Otak Tumpul, Boikot, Amerta, Wafat, Boroxide, Never True, dan J'Force yang kemudian disematkan dalam nama panggungnya.

Jufus sangat ahli dalam membuat aransemen musik modern. Tapi, ia juga mempunyai sisi lain yang cukup unik yakni aktif sebagai pengajar di sekolah dan kampus dalam bidang seni musik tradisional atau etnik.

Selain Jufus, ada pula Wiwi Wikers. Gitaris asal Sidoarjo. Ia memiliki skill bermain gitar yang tidak perlu dipertanyakan lagi. 

Awal berkarier pada 2001, Wiwi hijrah Jakarta dan mendukung Silverquint pada tahun 2004  di bawah naungan label Sony BMG. 

Wiwi juga pernah tergabung dengan band Nabtunes serta project kerjasama dengan Piyu (Padi) untuk single lagu berjudul "Keangkuhan".

Tahun 2009 bekerja sama dengan Falcon label di album Nabtunes pada tahun 2010. Selain band Nabtunes Wiwi juga pernah membantu rangkaian tour Andreggea.

Nama Wiwi juga melekat dengan nama band yang menjadi project tetap nya hingga saat ini yaitu Titik Nol. Wiwi juga memiliki project solo dan direcord di salah satu produser yang ada di Surabaya. 
 
Selain sederet musisi di atas, dalam project launching 3 VOC ROCK All Stars Rockstars Nation ini juga di bantu oleh para additional player yang sudah memiliki karya di indie label. Mereka adalah Agro (drummer) dan  Joe (rythm). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES