Entertainment

Deretan Konser Fenomenal Sepanjang 2023 di Indonesia

Selasa, 26 Desember 2023 - 11:00 | 30.85k
Konser Coldplay di Jakarta termasuk dalam konser fenomenal pada tahun 2023. FOTO: beritasatu
Konser Coldplay di Jakarta termasuk dalam konser fenomenal pada tahun 2023. FOTO: beritasatu

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasca pandemi, banyak negara yang berlomba-lomba meningkatkan kunjungan wisata. Termasuk melalui musik. Konser musik yang libur hampir 2 tahun, kini dapat kembali menghibur penggemar. 

Tak hanya musisi dalam negeri, tapi juga musisi dari luar negeri manggung di Indonesia. Ada banyak kisah menarik di balik konser yang megah tersebut. Tak sekadar meriah, ada juga yang terpaksa distop karena dinilai tak pantas. 

Berikut deretan konser fenomenal yang terjadi di Indonesia sepanjang 2023

Coldplay

Konser band asal Inggris Coldplay menjadi konser termegah di tahun 2023 yang digelar di Indonesia. Ada beberapa fakta unik seputar konser Coldplay, di antaranya penjualan tiket yang paling cepat habis. Ingat kan bagaimana penggemar harus war tiket beberapa bulan sebelum tanggal konser. 

Fakta menarik lainnya, setelah konser Coldplay menyumbang perahu untuk mengangkut sampah di sungai Cisadane. 

Secara umum konser Coldplay bertajuk 'Music of the Spheres World Tour' digelar pada 15 November 2023 di Gelora Bung Karno Jakarta itu sukses digelar, meski masih ada calo tiket yang berkeliaran serta aksi penolakan Coldplay dari kelompok anti LGBT.

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengklaim  keuntungan hingga US$75 juta atau sekitar Rp1,16 triliun dari konser tersebut. 

The 1975

The-1975.jpg

Band The 1975 dijadwalkan konser di Jakarta dalam We Fest 2023. Namun band asal Inggris itu mendadak digantikan band Tanah Air Sheila on 7. 

Panitia sengaja membatalkan penampilan The 1975, buntut dari konsernya di Malaysia. Saat itu sang vokalis Matty Healy membuat pidato kritik terhadap kebijakan anti LGBT di Malaysia dalam Good Vibes Festival (21/7/2023). 

Parahnya lagi, sang vokalis juga melakukan tindakan tidak senonoh dengan mencium basis Ross MacDonald di atas pangung. Atas tindakannya itu, The 1975 langsung dicoret dalam list manggung di We Fest 2023 Jakarta. 

Sebagai gantinya band asal Yogyakarta Sheila on 7 menghibur penggemar. Duta cs mendapat sambutan luar biasa dari seluruh penonton yang hadir di GBK Sport Center Senayan, Jakarta.  

Bring Me The Horizon

BMTH.jpg

Konser band asal Inggris ini langsung dihentikan karena kerusuhan yang terjadi antar penonton. Bring me The Horizon (BMTH) seharusnya menggelar konser selama dua hari, yaitu pada tanggal 10 dan 11 Novermber 2023 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. 

Kerusuhan itu dipicu karena gangguan teknis sound system. Oliver Skyes sang vokalis mengajak penonton untuk bernyanyi bersama. Sayang saat itulah sound system di konser tersebut mati dan tak lama dari itu seluruh member dari BMTH turun dari panggung.

Kekecewaan penonton dilampiaskan dengan merusak venue. 

Namun karena kerusuhan itu, konser hari kedua langsung dibatalkan. Promotor juga mengembalikan tiket konser yang sudah dibeli penggemar. 

Hindia

Hindia.jpg

Konser fenomenal selanjutnya dari musisi Tanah Air Hindia. Pria bernama asli Baskara Putra itu menggelar konser bertajuk Lagi Pula Hidup Akan Berakhir (LHAB). Konser tersebut juga merupakan promo untuk album terbarunya dengan judul yang sama. 

Namun, banyak yang menuding konser Hindia menjadi ajang pemujaan pada setan atau sekte satanic. Tudingan itu berdasar visual art pada aksi panggung Hindia. Visual art menggambarkan patung bersayap malaikat mengangkat dua jari yang disamakan dengan Baphomet, sosok imajinasi dewa berbentuk seperti kambing sebagai figur okultisme dan satanisme

Tak itu sajabeberapa gimmick panggung lainnya juga dinilai mengarah pada aliran sesat.

Hindia tidak mengambil pusing dengan tudingan itu. Dalam media sosial X pribadinya, ia hanya bersyukur bahwa dianggap sukses. "Puji Tuhan dianggap illuminati, apakah ini tandanya aku sudah dianggap sukses?" tulisnya di X @wordfangs

Meski demikian, memang Hindia memiliki penggemar yang banyak. Penggemar senang dengan lagu dan lirik yang diciptakan Hindia. 

Aldi Taher

Aldi-Taher.jpg

Meskipun bukan murni penyanyi, namun Aldi Taher berani menggelar konser. 

Konser bertajuk Foreplay Tribute to Coldplay itu digelar sebelum Chris Martin dkk manggung di Indonesia. 

Apa yang bikin konser Aldi Taher ini fenomenal? Aldi membandrol tiket konsernya dengan harga selangit, bahkan untuk kelas VVIP sampai harga Rp100 juta. Menariknya tiket konser Aldi Taher juga ludes terjual. 

Pasca konser, Aldi menyumbangkan sebagian hasil penjualan tiket pada Yayasan Kanker Anak Indonesia.     

Dewa 19

Dewa-19.jpg

Konser fenomenal selanjutnya dihelat oleh band legendaris Dewa 19. Ahmad Dhani cs menggelar konser berbalut orkestra dengan judul A Night At The Orchestra.  

Konser tersebut sukses digelar di beberapa kota besar, mulai Jakarta, Solo, Surabaya. Dhani menyebut ingin mengajak penggemarnya menikmati lagu Dewa 19 dengan mewah melalui sentuhan orkestra. Bahkan penggemar yang ingin menyaksikan orkestra Dewa 19 diwajibkan menggunakan pakaian resmi seperti jas untuk laki-laki dan gaun bagi perempuan. 

Pada A Night At The Orchestra, Dewa 19 menggandeng beberapa vokalis, yaitu Ari Lasso, Virzha, Ello, termasuk penampilan spesial Ardhito Pramono, Andien dan Mulan Jameela. 

Selain konser A Night At The Orchestra, Dewa 19 juga sempat membuat heboh penonton saat konser di Tasikmalaya. Saat itu Ahmad Dhani mengkampanyekan Prabowo sebagai Presiden RI dan memilih Mulan Jameela sebagai wakil rakyat. 

Padahal konser dilangsungkan di lapangan milik TNI AU. Banyak penggemar yang langsung protes dengan tindakan Ahmad Dhani. Tak lama kemudian Dhani meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES