Entertainment

Tak Hanya Superman, Ini Deretan Superhero dari DC

Minggu, 28 Januari 2024 - 11:39 | 59.56k
Superman dan superhero lainnya dari DC Comics.
Superman dan superhero lainnya dari DC Comics.

TIMESINDONESIA, JAKARTASuperman superhero yang paling dikenal. Wajar sih, sebab dia udah 'lahir' di tahun 1938 melalui publisher National Comics dan sekarang menjadi Detective Comics atau dikenal dengan DC.

Ketenaran Superman terus mendunia, tak hanya lewat komik, tapi juga film dan serial televisi. 

Superman kemudian menggugah penulis lainnya untuk menciptakan superhero lainnya. Hingga banyak dari superhero yang 'dilahirkan' DC menjadi pop culture di seluruh penjuru dunia. 

Dulu memang para jagoan DC itu 'hidup' sendiri-sendiri. Namanya juga superhero, tentu masing-masing mereka memiliki kekuatan supernya sendiri ya. Namun dalam perjalanannya, para jagoan DC ini berkumpul dan bersatu untuk menumpas kejahatan. Hingga muncul yang namanya DC Universe atau DCU (termasuk dalam film live-action).

DCU merupakan semesta yang dibuat untuk mengumpulkan para jagoan DC. Tentunya ingat dengan film Justice League? Nah di situ ada superhero papan atas DC ngumpul. 

Yuk kenalan dengan jagoan DC selain Superman? 

Batman
batman.jpg

Popularitas Batman sebelas duabelas lah ya dengan Superman. Batman diciptakan tahun 1938. Memang perintisnya adalah Bill Finger melalui Bob Kane setelah kesuksesan Superman.

Bob Kane memang seorang comic artis, dan ingin membuat figur superhero baru setelah melihat Superman sukses. Namun ia gagal menuangkannya dalam bentuk gambar maupun ide. Bob kemudian mengajak  Bill Finger (seorang penulis). Bill kemudian membuat ide Batman adalah manusia kelelawar dengan jubah hitam dan layaknya kelelawar, Batman beraksi pada malam hari saja. 

Bob kemudian memberikan ide itu pada National Comics (sekarang DC). Sayangnya, Bob Kane tidak memberitahukan campur tangan Bill Finger dalam pembuatan karakter Batman dan meraih keuntungan untuk dirinya sendiri. Padahal Bob Kane terus melakukan konsultasi kepada Bill Finger mengenai karakter Batman tanpa memberi kredit kepadanya.

Hal ini berlangsung hingga puluhan tahun ke depan, semua penggemar Batman hanya tahu satu buah nama pembuat Batman, Bob Kane.

Terlepas dari kontroversi tersebut, Batman sukses menyamai popularitas Superman. Penggemar suka dengan gaya Batman yang 'dingin' namun mematikan.

Batman memang superhero, namun ia adalah manusia biasa (bukan dari planet antahberantah). Ia menggunakan teknologi canggih sebagai kekuatannya. Memang sih, dia ada modal untuk memakai teknologi, sebab Bruce Wayne adalah seorang miliader. 

Wonder Woman
wonder-woman.jpg

Superhero perempuan ini pertama kali muncul tahun 1941. Wonder Woman dikenalkan dalam komik All Star Comics #8. 

Pencipta karakter kuat tersebut adalah seorang pria feminis bernama William Moulston Marston. Will kerap menyuarakan kesetaraan gender dalam setiap karyanya.

Bernama asli Diana, Wonder Woman merupakan seorang putri Amazon dari Themyscira. Ia tinggal bersama ras manusia super yang didominasi oleh perempuan. Sebagai ras manusia super, Diana punya kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. Diana juga mampu terbang. Diana punya lima sejata yang digunakan untuk bertarung. Yaitu Tiara atau mahkota yang berfungsi sebagai bumerang, tameng, lasso of truth, pedang serta pelindung tangan yang kuat.

Aquaman
aquaman.jpg

Diciptakan oleh Paul Norris dan Mort Weisinger, Aquaman memulai debutnya pada tahun 1941 dalam serial antologi More Fun Comics.

Dia seorang Raja Atlantis yang tentunya memiliki kekuatan super. Kekuatan Aquaman seperti bisa bernapas di bawah air, dan kemampuan berkomunikasi secara telepati dengan makhluk laut, termasuk juga kekuatan bertarung.

Dibanding versi komik, film live action Aquaman lebih dikenal. Terlebih pemeran Aquaman diperankan oleh Jason Momoa.    

The Flash 
flash.jpg

Karakter superhero dari DC selanjutnya adalah The Flash. Penggagas superhero dengan kekuatan super cepat itu ditulis oleh Gardner Fox dan ilustrasinya digambar oleh Harry Lampert. 

The Flash pertama kali muncul di Flash Comics no. 1 tahun 1940.

The Flash adalah seseorang yang memiliki kekuatan khusus yaitu dapat bergerak dan berlari secepat kilat. 

Sejak pertama diluncurkan sebagai komik, The Flash sendiri memiliki beberapa versi. Versi pertamanya ada Jay Garrick yang dikenalkan tahun 1956. Versi ini diceritakan Jay Garrick menghirup uap air keras saat bekerja, Dari situlah kekuatan super cepat dia dapat. 

Lalu ada versi Barry Allen, yaitu The Flash paling populer. Versi ini Barry Allen mendapat kekuatan super setelah tersambar petir. Saking populernya, versi Barry Allen inilah yang kemudian diangkat dalam film dan diperankan oleh Ezra Miller. 

Kemudian The Flash versi Wally West juga mendapat kekuatan sebagai The Flash karena kecelakaan. Wally mengunjungi laboratorium Barry dan mengalami kecelakaan yang membuatnya memiliki kekuatan yang sama seperti  Barry. Wally pun menjadi Kid Flash dan menjadi manusia tercepat setelah Barry mati di Crisis on Infinite Earths.

Terakhir versi Bart Allen, ia adalah cucu Barry Allen yang datang dari masa depan. Dia menderita kelainan berupa percepatan umur. Karena hal inilah makanya Bart dibesarkan di mesin virtual reality sebelum akhirnya diselamatkan oleh Wally West. Berkat Wally, Bart bisa kembali normal dan menjadi Impulse. 

Superhero lainnya dari DC Comics ada Black Adam yang punya kekuatan super mengeluarkan petir, kecepatan tinggi dan energi yang hampir tak pernah habis. Shazam, yang dapat berubah sebagau superhero setelah mengucap 'Shazam'.

Green Lantern, adalah jagoan yang mendapatkan kekuatannya dari Green Power Ring. Dengan cincin tersebut, ia dapat melakukan apa saja.

green.jpg

Dr Fate, superhero dengan kekuatan dapat melihat masa depan, menyembuhkan, membuat dunia sendiri, telepati, dan lainnya.

Lalu ada Martian Manhunter yang punya berbagai kemampuan, seperti dapat berubah bentuk, kecepatan super, daya tahan tinggi, tidak terlihat, cepat beregenerasi, dan telepati. Martian Manhunter juga dapat meningkatkan fungsi indera tubuhnya.

Serta The Spectre yang merupakan 'roh' pembalasan Tuhan yang diberkati dengan berbagai kemampuan sihir. Superhero ini punya kemampuan magis yang besar tetapi membutuhkan manusia untuk membuatnya terkendali. Pada versi komiknya The Spectre menggunakan kekuatan itu untuk membalaskan dendamnya demi keadilan. 

Banyak juga ya superhero dari DC Comics, nggak cuma Superman saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES