Entertainment TIMES Ramadan

Deretan Selebritas Asal Korea Selatan Mualaf, Istikomah Dakwah Lewat Media Sosial 

Minggu, 07 April 2024 - 01:14 | 29.45k
Ayana Moon
Ayana Moon
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTAKorea Selatan salah satu negara yang minoritas muslim. Meski demikian perkembangan agama Islam di negeri gingseng itu terus meningkat dari tahun ke tahun, makin banyak mualaf.  

Perkembangan itu tak hanya dari dakwah para mubaligh, namun juga dari selebritas Korsel yang mualaf. 

Beberapa selebritas yang menjadi konten kreator di media sosial turut berkontribusi dalam perkembangan Islam di Korsel. 

Mereka kerap mengunggah kegiatannya di media sosial, termasuk ibadah. "Bukan bermaksud riya, namun ini salah satu cara dakwah yang bisa kami lakukan," kata Daud Kim di kanal YouTubenya. 

Berikut selebritas Korea Selatan muslim yang aktif berdakwah melalui konten di media sosialnya. 

Daud Kim

Daud-Kim.jpg

Daud Kim memeluk islam sejak tahun 2019. Ia mengaku tertarik belajar tentang islam setelah menyaksikan budaya muslim. 

Sebelum mualaf ia bernama asli Jay Kim, ia berprofesi sebagai musisi. Daud Kim mempelajari Islam ke berbagai negara, termasuk ke Arab Saudi, Pakistan dan Malaysia. 

Meski mengaku ilmunya belum seberapa, ia kerap mengunggah kegiatannya di medsos. "Memang ilmu saya belum banyak, tapi dakwah itu sampaikanlah walau satu ayat, semoga bermanfaat," kata Daud Kim. 

Ayana Jihye Moon

Ayana salah satu influencer asal Korsel yang juga populer di Indonesia karena menjadi brand ambassador produk kosmetik lokal. 

Ayana bersyahadat sejak tahun 2012 silam. Perjalanan spiritualnya dituangkan dalam buku berjudul Ayana: Jouney to Islam. 

Selain lewat buku, Ayana juga aktif di media sosial. Ia tak mengira, beberapa pengikutnya mengaku mualaf karena terinspirasi dari Ayana. 

Aydin Moon

Aydin-Moon-2.jpg

Aydin Moon merupakan adik dari Ayana Moon. Ia resmi log in di Masjid Central Seoul. 

Rupanya ia terpengaruh oleh kakaknya Ayana. Aydin mengaku hatinya tenang saat melihat kakaknya melaksanakan ibadah termasuk mengaji. 

Sebelum masuk islam, Aydin belajar membaca al quran (iqro) bersama sang kakak. Kegiatan itu sering diunggah ke medsos oleh Aydin. 

Ayama maupun Aydin sebenarnya mendapat penolakan dari keluarganya. "Tentu ada penolakan, tapi kami menjelaskan dengan baik, kamu juga terus berbuat baik pada orang tua, bukankah itu juga ajaran dalam Islam." kata Aydin pada satu kesempatan. 

Hwang Woo Joong

Pemilik kanal YouTube Ujung Oppa ini juga memiliki ribuan followers. Dalam kanal YouTubenya ia juga sering menyisipkan dakwah. 

Awalnya Hwang Woo Joong terkesan dengan suara azan saat berkunjung ke Indonesia. "Saat di Indonesia saya sering mendengar suara azan, tak hanya satu tempat, itu bersahutan," jelasnya. 

Sebenarnya ia sudah tertarik dengan Islam sejak usia 14 tahun. Sayangnya di Korsel informasi tentang Islam sangat terbatas. 

Song Bora

Song-Bora.jpg

Selebritas Korsel selanjutnya ada Song Bora. ia sudah menjadi mualaf sejak tahun 2007. 

Setelah memutuskan masuk Islam, ia mengaku kesulitan melaksanakan ibadah dengan benar. "Awalnya kesulitan menjadi tempat ibadah (untuk shalat) tepat waktu, namun akhirnya saya tahu shalat tidak harus di masjid, asal tempat bersih dan suci, kita bisa shalat di situ," jelasnya. 

Hingga kini Song Bora kerap mengunggah konten seputar keislaman. 

Manny (varsity)

Manny dari grup Varsity menjadi artis korea pertama dari dunia KPop yang mualaf. 

Hal itu bahkan dikonfirmasi langsung olehnya, pada acara Music Bank saat Varsity promo album You Are Man Only One. 

Sebagai seorang muslim, ia mengaku tidak lagi menyentuh minuman alkohol, dan daging babi. 

"Saya tidak lagi minum, kini saya juga makan daging ayam dan telur," ujarnya. 

Safiya Kang

Hidayah didapat oleh Safiya Kang saat ia bekerja di Federasi Muslim Korea (KMF). 

Safiya sebenarnya tidak tahu seperti apa agama Islam. Namun karena tuntutan pekerjaan, secara tidak langsung ia mengerti dan makin tertarik untuk masuk islam. 

Akhinya pada 2015 ia memutuskan log in dibantu oleh Imam Masjid Seoul.

Safia bersyukur keputusannya itu tidak mendapat tentangan dari keluarga dan teman-temannya. "Keputusan saya sebagai muslim sangat dihargai oleh mereka, saya bersyukur sekali," kata Safiya Kang di kanal YouTube. 

Meski demikian, awalnya ia canggung karena tidak lagi bisa minum alkohol dan makan babi bersama kawan-kawannya. "Kami tetap berkumpul, tapi saya pilih minum kola dan makan cemilan lainnya yang non babi," urainya. 

Meski tak terlalu aktif di media sosial, namun beberapa postingan Safiya Kang menunjukkan keislamannya. 

Muna Hyunmin Bae

Muna-Hyunmin-Bae.jpg

Muna Hyunmin Bae merupakan seniman lukis. Ia mualaf sejak tahun 2009, saat itu ia menyelesaikan studynya di jurusan Scenography di Uni Emirat Arab. 

Lingkungan yang islami membuatnya 'tertular' hingga memutuskan menjadi mualaf. 

Kerennya, Muna tak hanya berdakwah lewat media sosial, tapi perempuan kelahiran 1989 itu juga membuat ilustrasi untuk cerita hadis untuk mengisnpirasi anak-anak muslim Korea. 

Ia juga kerap menggelar pameran lukisan tentang Islam. 

Selain selebritas tersebut, ada juga aktor Korea Selatan yang telah terkonfirmasi memeluk Islam, yaitu Lee Ki Woo, Lee Woon Jae, dan Jang Geun Suk. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES