Entertainment

Sakti 'Kultum' Saat Perayaan 28 Tahun Sheila On 7

Kamis, 09 Mei 2024 - 14:34 | 22.65k
Sakti saat 'kultum' saat perayaan ulang tahun Sheila On 7. (FOTO: youtube sheila on 7 tv)
Sakti saat 'kultum' saat perayaan ulang tahun Sheila On 7. (FOTO: youtube sheila on 7 tv)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sheila On 7 sudah 28 tahun berkarya di industri musik tanah air. Duta, Erros dan Adam merayakannya dengan sederhana dengan menggelar jamming bareng mantan gitaris Sakti. 

Perayaan itu diunggah di akun YouTube Sheila on 7 TV. Ketiga anggota Sheila On 7 juga tak menyangka akan ada kejutan kue ulang tahun beserta tiga lilin yang menyala. Rupanya kejutan itu dipersiapkan oleh Sheila Gank (sebutan penggemar Sheila On 7)

Selain membawakan beberapa lagu Sheila On 7 acara sederhana ini juga digelar obrolan dengan penggemar. Menariknya, Sakti juga 'kulltum' di depan kawan-kawan Sheila on 7 juga para penggemar. 

"Tadi sama Mas Duta disuruh cerita-cerita tiga - lima menitan, kultum yaa, kuliah terserah antum," kata Sakti disambut tawa seluruh yang hadir. 

kultum-2.jpg

Pada 'kultum' nya itu Sakti mengungkapkan rasa syukurnya pernah menjadi bagian dari Sheila On 7. Ia juga berpesan agar kita tak pernah lupa bersyukur. Sakti yang kini menggunakan nama Salman Al Jugjawi juga berharap Sheila On 7 dan Sheila Gank bisa menjadi sahabat sejati di dunia sampai di akhirat. 

Diketahui Sakti adalah salah satu penggagas Sheila On 7. Tahun 2004 ia memutuskan untuk keluar karena ingin fokus mempelajari agama. 

Kini penampilan Sakti memang jauh berbeda. Ia gemar mengenakan pakaian taqwa dan peci. Bahkan pada kesempatan manggung bareng Sheila on 7 ia tak segan tetap mengenakan pakaian kebanggaannya.   

Sejarah Sheila on 7

Formasi awal Sheila On 7 adalah Duta, Erros, Adam, Sakti dan Anton. Mereka resmi terbentuk pada tahun 1996. 

Pertemanan merekalah yang akhirnya 'kawin' menjadi band. Awalnya Erros dan Anton yang punya ide bikin band. Mereka kemudian mengajak Sakti untuk bergabung. Selama bertiga mereka kerap jamming beberapa lagu populer saat itu, seperti Oasis, U2 hingga Bon Jovi. 

Band kurang lengkap tanpa adanya bassis dan vokalis. Akhirnya Sakti mengajak Adam yang merupakan teman kecilnya. 

Mereka kemudian dengan rasa percaya diri mengikuti festival band dengan Sakti sebagai gitaris yang merangkap vokalis. Band yang bernama W.H.Y Gank itu sering menang kompetisi band. 

Lalu ingin melebarkan komposisi musikalitas, mereka menambahkan instrumen keyboard, dua orang vokalis perempuan, dan satu orang vokalis pria yang kini kita semua kenal dengan sapaan Duta. Kemudian nama band berubah menjadi Sheila Gank. 

kultum-3.jpg

Dua vokalis perempuan nggak lama bergabung di Sheila Gank hingga Duta lah satu-satunya vokalisnya hingga saat ini. 

Sheila Gank kemudian berganti nama menjadi Sheila On 7 saat album perdananya dirilis. FYI Sheila merupakan nama kawan Erros masa SMA sekaligus kawan SD Adam dan Duta si vokalis. Lalu "on 7" diambil dari tangga nada dasar, do-re-mi-fa-so-la-si-do.

Album pertama Sheila On 7 dirilis tahun 1999. Album self-titled mereka Sheila On 7 (1999) menduduki peringkat #33 dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia pada tahun 2007. 

Selanjutnya Sheila On 7 selalu sukses mencetak hits dari berebagai albumnya. Sepanjang karir Sheila On 7 telah merilis 8 Album. Yaitu Sheila On 7, Kisah Klasik Untuk Masa Depan, 07 Desember, Pejantan Tangguh, 507, Menentukan Arah, Berlayar, Anugerah Terindah dari Sheila On 7, Musim yang Baik. 

Diantara semua album hampir semuanya menjadi tembang hits yang terus dinyanyikan hingga saat ini. 

Bukan band jika tak ada konflik internal. Sheila on 7 juga nggak lepas dari konflik internal hingga ditinggalkan dua drummernya (Anton dan Brian). 

Mereka juga ditinggalkan oleh Sakti yang menjadi penggagas band asal Yogyakarta ini. Kalau Sakti pamit karena ingin fokus belajar agama. 

Meski sudah keluar mereka, baik Anton, Sakti dan Brian masih berhubungan baik dengan ketiga personil lainnya. Bahkan Sakti sempat beberapa kali tampak manggung barenga Sheila On 7. Cie.. reunian.    

Tahun ini Sheila On 7 akan menggelar konser Tunggu Aku di Lima Kota (Makassar, Medan, Pekanbaru, Samarinda, dan Bandung). Gilanya lagi, war tiket Tinggu aku di Lima Kota langsung habis dalam waktu sejam. Kamu sudah kantongi tiketnya TIMES Lovers? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES