Entertainment

Dicky Anugrah Usung Tari Topeng Lumajang di Ajang Mister National Universe 2024 

Minggu, 12 Mei 2024 - 18:56 | 17.99k
Dicky Anugrah Putra saat mementaskan koreografi Tari Topeng Kaliwungu Lumajang di M One Surabaya, Minggu (12/5/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Dicky Anugrah Putra saat mementaskan koreografi Tari Topeng Kaliwungu Lumajang di M One Surabaya, Minggu (12/5/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Runner Up Mister National Indonesia 2023, Dicky Anugrah Putra lolos mewakili Indonesia dalam ajang Mister National Universe 2024 di Thailand pada Juni mendatang.

Dicky bakal mengusung kostum tradisional dan Tari Topeng Kaliwungu dari Lumajang saat perhelatan kontes tahunan tersebut.

Koreografi ini menceritakan ketidakpercayaan diri seorang pemuda yang jatuh cinta pada seorang puteri raja. Segala perjuangan pun ia lakukan. Dan kini Dicky akan membawa tari tradisional yang masuk sebagai warisan budaya tak benda itu terbang ke Thailand.

Kebudayaan dari Jawa Timur itu bakal ia gaungkan di kancah internasional. Bagi Dicky, tarian ini memiliki filosofi tentang tekad meraih mimpi.

"Ada seribu cara untuk menuju mimpi-mimpi kita, dan jangan pantang menyerah," kata Dicky saat press conference jelang keberangkatan di M One Surabaya, Minggu (12/4/2024).

Ia akan menyuarakan kisah hidupnya yang lahir dari sebuah kampung kecil di Lumajang dan terus bersemangat mengejar impian.

Dicky sangat bangga dan bersyukur mendapat kesempatan meraih tiket emas tersebut.

Sejumlah persiapan ia lakukan. Mulai memperdalam ilmu public speaking, olahraga hingga fashion catwalk dan penguatan mental. Meskipun di tengah jadwal kerjanya yang hingga larut malam, Dicky sangat disiplin.

"Mengikuti ajang pageant bukan sekadar kita tampil di depan umum, Alhamdulillah terima kasih organisasi daya sangat supportif sekali," katanya.

Dicky juga akan membawakan sejumlah busana formal karya desainer Tanah Air.

"Saya ingin membesarkan lagi budaya-budaya yang ada di Indonesia khususnya Jatim. Seperti showcase tari topeng dan baju-baju yang saya pakai mostly dari desainer lokal," ucapnya.

Dicky yang aktif sebagai penggerak pendidikan non formal di desanya itu mengajak para pemuda bersemangat membangun negara.

Dicky-Anugrah-Putra-2.jpg

Press conference menjelang keberangkatan Dicky Anugrah Putra menuju perhelatan Mister National Universe 2024, Minggu (12/5/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

National Director Mister National Indonesia, Pieter Isaac didampingi Manager Director Mister National Indonesia Rachel Wang menjelaskan ajang internasional yang akan diikuti adalah kelanjutan dari proses seleksi ketat Mister National Indonesia di Bali beberapa waktu lalu. 

Proses karantina berlangsung selama enam hari. Dicky berhasil menduduki posisi runner up. Posisi pertama Arya Dimas dari Sumatera Selatan, dan juara ketiga Darma Wijaya dari Lampung.

Setiap pemenang berkesempatan mendapat tiket kontes internasional sesuai kemampuan dan minta masing-masing. Sementara Dicky memperoleh tiket menuju Mister National Universe 2024.

"Kami mengumumkan sekaligus meresmikan bahwa Dicky Putra seorang runner up Mister National Indonesia akan mewakili Indonesia untuk Mister National Universe bulan depan di Thailand," terang Pieter. 

Jelang kontestasi internasional, Dicky juga menjalani proses karantina lanjutan untuk semakin mengasah skill dan membentuk fisik. 

"Termasuk untuk mentality, karena kita nggak mau berangkat cuma sekadar jalan-jalan, but we set goals (tapi kami punya target, red)," tambah Pieter.

Mister National Universe 2023 Benedict Yu, pada kesempatan yang sama menceritakan pengalaman selama kompetisi pada tahun lalu.

Selama di Thailand, ia menjalani karantina di hotel bintang lima dan mengunjungi tempat-tempat wisata di sana serta memahami kultur maupun budaya. Karantina dan proses itu turut menjadi dasar penilaian juri selama sepuluh hari.

Tahun kemarin, ia bersaing dengan para pria brilian dari 24 negara.

"Kompetitor terberat tahun lalu dari England, dia dapat nomor dua. Dari segi wajah, tinggi badan dan banyak peminat," ucap Benedict.

Menurut Benedict, kunci menjadi pemenang adalah disiplin dan menunjukkan image personal branding yang positif. Ia juga dikenal ramah. Setelah meraih gelar Mister National Universe 2023, Benedict menjalani tour ke sejumlah negara untuk melakukan berbagai presentasi.

Diketahui, Dicky Anugrah Putra lolos mewakili Indonesia dalam ajang Mister National Universe 2024 di Thailand pada Juni mendatang. Dicky bakal mengusung kostum tradisional dan Tari Topeng Kaliwungu dari Lumajang saat perhelatan kontes tahunan tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES