Entertainment

A.R Rahman, Mozart dari Madras Akan Ramaikan Prambanan Jazz 2024

Selasa, 18 Juni 2024 - 17:00 | 24.86k
Press conference Prambanan Jazz 2024. (Foto: Istimewa)
Press conference Prambanan Jazz 2024. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – A.R Rahman akan meramaikan pertunjukkan musik Prambanan Jazz Festival (PJF) 2024 yang dipastikan akan digelar selama tiga hari yakni tanggal 5-7 Juli 2024 di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, DI Yogyakarta.

Musisi internasional yang juga siap tampil yakni Queen at the Opera dan Javier Parisi beserta belasan musisi Indonesia akan menyemarakan festival musik termegah ditahun kesepuluhnya. 

Promotor PJF, Anas Syahrul Alimi mengatakan, tahun ini akan ada tiga panggung di Prambanan Jazz. Salah satu panggung mengusung konsep berbeda yakni Special Show yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu.

"Ada 6-7 musisi per hari di panggung festival. Khusus musisi non-jazz, kami minta mengaransemen minimal satu lagu secara jazz," katanya saat konferensi pers di Candi Prambanan, Jumat (23/2/2024).

Menurut Anas, Prambanan Jazz kali ini spesial menurutnya. Pasalnya mendatangkan A.R Rahman adalah mimpinya yang tercapai.

Allah Rakha Rahman, sekali lagi menukil Time, adalah wujud dari kejeniusan Mozart yang disumbang oleh India. Dan, AR Rahman mendapatkan apa saja yang diimpikan seorang musisi dalam jagat musik dunia. Ia menyabet Grammy Award untuk karya monumentalnya Jai Ho. Sekaligus, Rahman mengangkat tinggi-tinggi Academy Award untuk Lagu Orisinil Terbaik.

Ya, Jai Ho adalah soundtrack utama film box office Slumdog Millionaire yang berjaya di Amerika dan Inggris; sebuah film yang diangkat dari karya novelis Vikas Swarup.

Prambanan-Jazz-2.jpg

Jai Ho adalah karya yang jelas menunjukkan kepiawaian dan kejeniusan Rahman yang tidak datang tiba-tiba. Kejeniusan itu sudah menghampirinya sejak kecil yang membuatnya berkesempatan belajar musik di Oxford.

Sepulang dari Inggris itulah ia mencurahkan apa yang ia punyai. Masuk dalam dunia film India itu artinya menjadi penulis lirik, komposer, membuat skoring, dan semua itu bisa dikerjakan dengan sama baik oleh Rahman.

“Menghadirkan AR Rahman di panggung Prambanan Jazz adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, bukan sekadar pertunjukan musik, tapi ini adalah peristiwa penting kebudayaan,” terang Anas Alimi.

Talenta dan kejeniusan itu yang Prambanan Jazz Festival tampilkan pada tahun ini. Menghadirkan cahaya terang yang dipancarkan Asia untuk adi musik di panggung berlatar adikarya masa silam yang dipunyai Indonesia: Candi Prambanan.

Direktur Utama PT TWC & Co Promotor Prambanan Jazz, Febrina Intan menyampaikan, “Hadirnya AR Rahman, dengan karakteristik musik yang khas tentunya akan menambah kekayaan ragam budaya di Candi Prambanan.” Candi Prambanan dikenal tidak hanya sebagai destinasi warisan budaya dunia, namun juga sebagai perwujudan berbaurnya kebudayaan di Indonesia, khususnya Yogyakarta dan sekitarnya.

Perpaduan nilai budaya Hindu dan Jawa, dengan mengusung unsur-unsur konservasi dan edukasi dalam pengembangan destinasi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. 

“Konsumen dapat memesan tiket melalui aplikasi atau situs web Traveloka, dimana untuk menyaksikan AR Rahman di panggung special show terdapat 3 kategori kelas meliputi Gold, Diamond dan VIP dengan harga mulai dari Rp 900.000,- di luar tiket masuk Candi Prambanan, pajak dan biaya admin, namun sudah termasuk akses panggung super festival pada hari tersebut,' imbuhnya.

Line Up Prambanan Jazz 2024

1. Hari Pertama - Jumat 5 Juli 2024
Festival Show Stage: RAN, Yura Yunita, Nadin Amizah, Mocca feat. Olski, JKT48, Dere, Batavia Collective, Mitty Zasia.
Navasprm Stage: Nufi Wardhana, Latoya De Larasa, Nadzira Shafa, Calvin Jeremy, DJ Tiara Eve, RPM All Stars.

2. Hari Kedua - Sabtu, 6 Juli 2024
Special Show: AR Rahman
Festival Show Stage: Javier Parisi feat. G-Pluck, Maliq & D’Essentials, Indra Lesmana feat. Eva Celia, Kunto Aji, Sal Priadi, El Corona Gambus, Nonaria.
Navasprm Stage: The Panbers, The Mercys, Yuni Shara, Junji, Jolene, RPM All Stars.

3. Hari Ketiga - Minggu, 7 Juli 2024
Special Show: Queen At The Opera
Festival Show Stage: Tulus, Kahitna, Gigi Unplugged, Ardhito Pramono, Trisum, KIM (Arsy Widianto, Rachel Rae & Gusty Pratama).
Navasprm Stage: Egha De Latoya, Fatur ‘Java Jive’, Abu Bakar, Zarro Ananta, RPM All Stars.

Untuk mendapatkan tiket pertunjukan Prambanan Jazz Festival, bisa didapatkan di Traveloka dan nikmati pertunjukan musik jazz unik dan megah di situs wisata warisan dunia. Seluruh informasi terkait penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2024 dapat di akses di www.prambananjazz.com dan sosial media @prambananjazz (Instagram, X, Facebook), @prambananjazzfestival (Tiktok, Youtube) dan hotline 082226664343. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES