Entertainment

Sedang Viral Film Ipar Adalah Maut, Ini Fakta Menariknya

Kamis, 20 Juni 2024 - 11:39 | 41.44k
Ipar Adalah Maut, film terlaris saat ini. (Foto: MD Entertainment)
Ipar Adalah Maut, film terlaris saat ini. (Foto: MD Entertainment)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIpar Adalah Maut menjadi film yang viral saat ini. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo itu sukses menarik perhatian hingga sudah 1 juta penonton dalam lima hari penayangannya. 

Banyak penonton memberikan komentar baik, hingga membuat film ini menjadi bahan diskusi di media sosial. 

Ipar Adalah Maut mengisahkan tentang keluarga kecil Nisa dan Aris. Keduanya mengarungi bahtera pernikahan dan telah dikaruniai seorang anak. 

Namun kebahagiaan mereka tak lama karena kemunculan Rani. Rani sebenarnya bukan orang lain, dia adalah adik kandung Nisa. Rani memutuskan tinggla bersama keluarga Nisa dan Aris. 

Nisa senang dengan kehadiran Rani. Ia merasa Rani akan menambah keceriaan dalam rumah keluarganya. Terlebih Rani juga sayang pada anak semata wayang Nisa. 

Selang waktu berlalu, Nisa melihat ada yang salah dengan suaminya. Ia menjadi dingin dan cuek pada Nisa, dan justru lebih akrab dan perhatian pada Rani. Nisa pun mencari tahu apa yang menyebabkan perubahan perilaku Aris selama ini. Nisa menemukan bukti perselingkuhan Aris dan adiknya Rani. 

Dari sinopsisnya saja sudah bikin geram ya TIMES Lovers. Tak heran banyak yang menghujat Deva Mahenra pemeran Aris dan Davina Karamoy pemeran Rani. Wah semakin banyak hujatan, berarti semakin sukses pula mereka membawakan karakter tersebut ya. 

Ipar-Adalah-Maut-a.jpgPoster Ipar Adalah Maut (Foto: MD Entertainment)


Berikut fakta menarik film Ipar Adalah Maut

Kisah nyata

Yap, Ipar Adalah Maut diadaptasi dari kisah nyata yang sempat viral beberapa tahun lalu. Eliza Sifaa adalah konten kreator TikTok yang pertama kali mengunggah kisah ini.

Unggahan Eliza itu juga viral, karena kisah perselingkuhan selalu menjadi topik yang menarik untuk menjadi pergunjingan. 


Judul diambil dari hadist

Eliza Sifaa yang mengunggah kisah Ipar Adalah Maut ternyata mengambil istilah itu dari hadist. 

Dari 'Uqbah bin 'Amir radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إِيَّاكُمْ وَالدُّخُولَ عَلَى النِّسَاءِ فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ يَا رَسُولَ اللَّهِ

أَفَرَأَيْتَ الْحَمْوَ . قَالَ الْحَمْوُ الْمَوْتُ

"Berhati-hatilah kalian masuk menemui wanita." Lalu seorang laki-laki Anshar berkata, "Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat Anda mengenai ipar?" Beliau menjawab, "Hamwu (ipar) adalah maut." (HR. Bukhari no. 5232 dan Muslim no. 2172).


Hanung Bramantyo: Film ini warning 

Sutradara Hanung Bramantyo mengaku langsung tertarik dengan konten viral Eliza Sifaa. Ia menjelaskan film ini adalah warning atau peringatan untuk penonton. 

"Maksudnya, maut itu warning keras bagi kaum muslimin ketika hadirkan adik ipar ke rumah itu adalah maut, itu harus diteliti betul. Jadi, kalau adik istri adalah perempuan itu haram untuk ada di rumah, karena dia bukan muhrim," sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ratusan tahun yang lalu, Rasulullah SAW juga sudah mengingatkan soal ipar ini. "Kan ada hadistnya," tegasnya. 

Hanung juga bilang banyak pelajaran hidup yang dapat dipetik dari film ini. 


Michelle Ziudith lempar buku

Michelle Ziudith yang memerankan Nisa sangat mendalami perannya. Sampai-sampai ia kebablasan dalam berakting. Ada satu scene di mana dia harus melemparkan barang yang ringan, namun yang dilemparnya pada Aris adalah buku yang tebal. 

Pipi Deva pun sempat memerah karena lemparan buku tersebut. 


Lyodra dan Mytha nyanyikan soundtracknya

Lyodra.jpgLyodra isi OST berjudul Tak Selalu Memiliki yang diciptakan Yovie Widianto (Foto: MD Entertainment)

Ada dua soundtrack utama dalam film Ipar adalah maut. Lyodra menyanyikan ost berjudul Tak Selalu Memiliki yang diciptakan Yovie Widianto. Lagu itu dinyanyikan dengan apik dan penuh penghayatan oleh Lyodra. Inti lagu tersebut menekankan bahwa cinta memang tak harus memiliki. 

Sedangkan lagu ke dua berjudul Tak Pantas dinyanyikan oleh Mytha Lestari. Mytha juga membawakan lagu itu dengan penuh perasaan hingga menyayat hati siapa pun yang mendengarnya. 

Lagu galau Tak Pantas diciptakan oleh Melly Goeslaw dan Anto Hoed. Lirik Tak Pantas mengisakan kekecewaan seseorang yang dikhianati orang terdekatnya. Hmm, pokoknya so sad lah. 

Dua soundtrack itu juga trending dan sedang banyak diputar di radio-radio, juga didengarkan diberbagai platfom musik juga YouTube. 

Ipar Adalah Maut, film viral yang masih tayang di bioskop kesayangan Anda. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES