Entertainment

Sempat Diprotes Film Kiblat Akhirnya Ganti Judul Thaghut, Apa Artinya? 

Sabtu, 22 Juni 2024 - 03:15 | 29.71k
Film horor religi Thaghut.
Film horor religi Thaghut.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Film horor berjudul Kiblat sempat heboh beberapa waktu lalu. Bahkan film yang disutradarai oleh Bobby Prasetyo itu sempat dilarang tayang oleh Majelis Ulama Indonesia. 

Alasannya film itu akan hanya menakut-nakuti penonton hingga bisa menyebabkan malas menjalankan ibadah salat. 

Karena itu, Leo Pictures selaku rumah produksi sempat menurunkan media promosi termasuk poster yang sudah kadung disebar. Pihaknya juga sudah bertemu dan bermediasi dengan MUI terkait film ini.

Leo Pictures juga sempat mengajak pengikutnya di media sosial untuk memilih judul yang tepat untuk film bergenre horor religi tersebut. 

Akhirnya Leo Pictures mengganti judul film menjadi Thaghut. "Banyak sekali judul yangmasuk dan atas saran teman-teman akhirnya kami memilih Thaghut untuk judul film terbaru kami," tulis Leo Pictures pada unggahannya di instagram, 

Apa arti thaghut?

Thaghut merupakan istilah yang juga kerap muncul di Al Quran. Dalam kitab suci itu thaghut punya makna yang sangat luas. Namun umumnya, thaghut diartikan sebagai istilah yang merujuk pada apa saja yang disembah selain Allah SWT. 

Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tagut atau thaghut adalah yang disembah orang, tetapi bukan tuhan. Thaghut adalah apa saja yang disembah selain Allah SWT. Dalam Islam, thaghut adalah istilah yang kerap kali merujuk pada berhala. Thaghut adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab ṭāġūt, yang tersusun dari tiga akar kata Semitik, ط-غ-ت Ṭ-G-T yang bermakna "melampaui batas."

Sementara Filsuf modern Muslim Abdul A’la Maududi juga mendefinisikan dalam tafsir Al-Qur’an bahwa thaghut adalah "makhluk yang tidak hanya memberontak kepada Allah, tetapi juga melampaui batas".

Film horor Kiblat produksi Leo Pictures kini sudah berganti judul menjadi Thaghut. Film yang diperankan Yasmin Napper, Arbani Yassiz, Ria Ricis, Dennis Adhiswara, Hana Saraswati, Keanu Azka, Whani Darmawan ini dipastikan tayang di bioskop pada 29 Agustus 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES