Flash News

DPRD Kota Malang Resmi Miliki Ruang Pamer Pojok UMKM untuk ABK

Jumat, 21 Januari 2022 - 21:39 | 45.08k
Ruang pamer pojok UMKM untuk para ABK yang telah dipersiapkan di gedung DPRD Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Ruang pamer pojok UMKM untuk para ABK yang telah dipersiapkan di gedung DPRD Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGDPRD Kota Malang kini memiliki ruang khusus untuk memamerkan produk UMKM yang diresmikan pada Kamis (20/1/2022) kemarin. Menariknya, fasilitas yang diberi nama Ruang Pamer UKM atau Pojok UMKM ini khusus untuk memamerkan hasil karya UMKM dari anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) se Malang Raya.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika mengatakan, fasilitas ini seluruhnya diberikan bagi kelompok masyarakat dari kalangan disabilitas dan Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tidak hanya dari Kota Malang tetapi juga dari Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Advertisement

"Kita minta ini dikelola oleh kelompok sekolah ABK di Malang Raya. Memang tidak kami batasi karya dari anak Kota Malang saja, karena kami melihat potensi besar kreativitas anak-anak berkebutuhan khusus dari Malang Raya. Jadi ruang ini dimanfaatkan saja oleh siapapun," ujar Made, Jumat (21/1/2022).

Made menambahkan, Pojok UMKM ini akan menjadi ruang pamer karya kerajinan kaum disabilitas, seperti karya seni, produk makanan-minuman, karya kerajinan tangan, fashion dan karya lainnya.

pojok UMKM b

Tentu, ia juga berharap, karya karya yang dipamerkan ini dapat membuahkan pendapatan bagi kaum disabilitas dan anak berkebutuhan khusus yang tak berhenti untuk terus berkarya.

"Kita di dewan ini kan sering menerima tamu-tamu dari luar kota. Kalau mereka studi atau kunjungan kerja akan kami arahkan untuk bisa membeli hasil karya produk UMKM yang dipamerkan ini," ungkapnya.

Maka dari itu, Made meminta pengelola dan penanggungjawab Pojok UMKM yang sudah ditunjuk nantinya dapat mengatur lebih teknis terkait penataan, manajemen kelola hingga koleksi produk UMKM yang akan ditampilkan agar bernilai lebih.

Sementara itu, penanggungjawab pengelolaan Ruang Pamer UKM DPRD Kota Malang, Susi Martha Handayani menjelaskan, ruang pamer ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak berkebutuhan khusus di wilayah Malang Raya.

Ia yang juga menjabat sebagai Kepala UPT Pendidikan ABK Kota Malang ini menyatakan bahwa setidaknya akan ada puluhan produk UMKM yang bakal dipamerkan setiap bulannya.

"Kami kelola hasil-hasil karya anak-anak berkebutuhan khusus ini. Karena selama ini banyak sekali karya mereka yang memang layak untuk dipamerkan. Syukur sekali kami diberi mandat ini, membuat kita semakin giat memperjuangkan hak-hak anak anak berkebutuhan khusus," pungkasnya, saat ditemui di Ruang Pojok UMKM, DPRD Kota Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES