Flash News

Eks Ketum PWI Margiono, Bapak Masyarakat Tangsel yang Tutup Usia

Selasa, 01 Februari 2022 - 20:11 | 57.47k
Pemakaman Mantan Ketua Umum PWI Pusat Margiono di TPU Jelupang, Tangsel, Banten. (FOTO: rm.id/Khairizal Anwar)
Pemakaman Mantan Ketua Umum PWI Pusat Margiono di TPU Jelupang, Tangsel, Banten. (FOTO: rm.id/Khairizal Anwar)

TIMESINDONESIA, BANTEN – Kepergian Margiono meninggalkan duka yang mendalam bagi insan pers Indonesia. Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2008-2013 kemudian terpilih lagi diperiode 2013-2018 ini sangat cepat.

“Semua tidak menduga Pak Margiono akan secepat itu pergi,“ ucap Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Selasa (1/2/2022).

Advertisement

Sebelum wafat, pria yang menjabat sebagai Direktur Utama Harian Rakyat Merdeka telah dirawat di RSPP Modular Simprug dan menjalani perawatan intensif akibat terpapar Covid-19 sejak 23 Januari 2022 lalu.

Dilansir dari rm.id, pria kelahiran Tulungagung Jawa Timur ini mengawali karir jurnalistiknya Sebagai wartawan di Jawa Pos. Setelah menjadi wartawan, Margiono pun menduduki posisi Pimpinan Redaksi hingga akhirnya menjabat sebagai Direktur Jawa Pos.

Margiono bProsesi Shalat Jenazah Almarhum Margiono. (FOTO: rm.id/Khairizal Anwar)

Tak hanya di PWI Pusat, pria yang lahir pada 31 Desember 1960 juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua di Dewan Pers era kepemimpinan Bagir Manan pada tahun 2013-2016 silam.

Setelah menjabat sebagai Ketua Umum PWI selama dua periode, Margiono masih dipercaya untuk menjadi Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat sejak 2018 hingga saat ini.

Rakyat Merdeka merupakan media yang dibangun dan dirikan oleh Margiono. Hingga tutup usia, beliau dipercaya menjabat sebagai Direktur Utama Rakyat Merdeka Group.

Tidak hanya dalam dunia jurnalistik saja, nama Margiono pernah mencalonkan diri sebagai Calon Bupati tempat kelahirannya di Tulungagung periode 2018-2023. Margiono yang berpasangan dengan Eko Prisdianto dalam kontestasi politik di Tulungagung ini harus kalah dengan pasangan petahana Syahri Mulyo-Maryoto Birowo dengan selisih 118.426 suara.

Kepergian Margiono pun meninggal duka bagi Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan. Menurutnya, almarhum merupakan tokoh di Tangsel.

“Beliau tokoh pendiri Tangsel, bapak dari masyarakat Tangsel juga. Kami sangat merasakan kehilangan, beliau (Eks Ketum PWI Margiono) selama ini pada wali kota dan saya banyak memberikan sumbangsih dan pemikiran, tenaganya untuk Tangerang Selatan,“ tandas Pilar yang menghadiri secara langsung pemakaman Mantan Ketua Umum PWI Margiono di TPU Jelupang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES