Flash News

Kali Ketiga, DPRD Kabupaten Probolinggo Lantik Anggota PAW

Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:23 | 15.78k
Kali Ketiga, DPRD Kabupaten Probolinggo Lantik Anggota PAW
Pelantkkan anggota PAW yang dilakukan oleh DPRD abupaten Probolinggo. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGODPRD Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, kembali melakukan pelantikan anggota dewan melalui proses Pengganti Antar Waktu atau PAW. Kini, Kamis (27/10/2022) PAW itu dilakukan pada Musrifatun, anggota dewan dari Partai Golkar Kabupaten Probolinggo. Ini adalah kali ketiga lembaga perwakilan itu melantikan anggota PAW.

Musrifatun akan menjabat anggota DPRD Kabupaten Probolinggo hingga 2024. Musrifatun dilantik menggantikan Salehoddin yang juga dari Partai Golkar, yang meninggal karena sakit beberapa waktu lalu.

Musrifatun sendiri merupakan legislatif yang memiliki suara terbanyak setelah Salehoddin di Dapil 2 Probolinggo, yang meliputi Kecamatan Kraksaan, Besuk, dan Gading.

Anggota baru dari Partai Golkar ini dilantik dan diambil sumpah berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dengan Nomor 171.426/1055/011.2/2022 tanggal 12 Oktober 2022 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu anggota DPRD Kabupaten Probolinggo.

Pelantikan ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono, perwakilan Forkopimda, KPU Kabupaten Probolinggo serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Prosesi pelantikan ini diawali dengan pengucapan sumpah janji oleh Musrifatun yang dipandu oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji dan penyematan PIN anggota DPRD Kabupaten Probolinggo.

“Kami berharap anggota baru ini bisa bekerja menggantikan anggota sebelumnya dengan baik. Bahkan bisa melanjutkan program sebelumnya di sisa periode ini," kata Andi Suryanto.

Sebelumnya, Salehuddin, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, meninggal dunia saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jakarta. Anggota dari Fraksi Golkar ini meninggal dunia pada Minggu 21 Agustus 2022.

Salehuddin yang sebelumnya masuk anggota Komisi A DPRD Kabupaten Probolinggo, menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 10.18 WIB saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Husada Jakarta.

Pelantikan anggota PAW DPRD Kabupaten Probolinggo, sebelumnya juga dilakukan pada Ahmad Nahrowi pada Selasa (2/8/2022). Ia menggantikan Ahsan Qosi yang meninggal dunia. Keduanya merupakan kader Partai NasDem.

Selain itu, pelantikan PAW juga dilakukan pada Usman Muhtadi sebagai anggota PAW masa jabatan 2019-2024, Rabu (6/7/2022). Usman menggantikan Eny Kusrini yang telah diberhentikan sebagai anggota dewan. Politisi PKB itu juga ditetapkan dalam struktur Komisi B DPRD Kabupaten Probolinggo.

Dengan demikian, hingga tahun 2022 ini DPRD Kabupaten Probolinggo sudah tiga kali melakukan pergantian anggota dewan melalui proses PAW. Musrifatun dari Partai Golkar Kabupaten Probolinggo menjadi anggota PAW ketiga di sisa masa jabatan 2019-2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES