Flash News

Tingkatkan Pamor Lewat Sedekah Bumi Songgoriti

Selasa, 15 November 2022 - 18:12 | 13.18k
Tingkatkan Pamor Lewat Sedekah Bumi Songgoriti
Tingkatkan pamor sekaligus sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, warga Desa Songgoriti menggelar sedekah bumi. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Tingkatkan pamor sekaligus sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, hari ini, Selasa (15/11/2022) warga Desa Songgoriti, Kota Batu menggelar sedekah bumi.

Sepanjang hari warga mengarak berbagai hasil bumi dan tumpeng keliling wilayah Songgoriti.

Sedikitnya ada 10 tumpeng yang diarak warga. Diakhir perjalanan arak-arakan warga berebut tumpeng.

Sedekah-Bumi-Songgoriti-b.jpg

"Setiap tahun kita laksanakan ini untuk melestarikan budaya leluhur yang adiluhung, sekaligus sebagai bentuk tolak balak," ujar Ketua Panitia Kirab Budaya, Andika Krisnaloka.

Lewat kegiatan ini, menurut Andika, arak-arakan ini merupakan perwujudan ikhtiar untuk menghindarkan diri dari musibah sekaligus mempererat tali silaturahmi.

''Sebagai bentuk rasa syukur, tolak bala sekaligus mengikat jalinan silaturahmi warga,'' kata Andika.

Sedekah-Bumi-Songgoriti-c.jpg

Warga juga berharap even ini bisa meningkatkan pamor wisata Songgoriti agar selalu dikunjungi wisatawan. Khususnya pada saat sedekah bumi dilaksanakan.

Sedekah bumi ini diikuti 9 Rukun Warga yang menampilkan beragam hasil bumi seperti sayuran dan buahbuahan yang dibentuk tumpeng.

Hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Drs Arief As Siddiq MH.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES