Flash News

Kenang Pandemi Covid-19, Jokowi: Kita Semua Bekerja Keras untuk Menyelamatkan Rakyat

Senin, 20 Maret 2023 - 12:22 | 53.51k
Presiden Jokowi. (FOTO: Setkab RI)
Presiden Jokowi. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengatakan, saat terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah bekerja keras untuk menyelamatkan rakyat dari keterpurukan sosial dan ekonomi.

"Kita semuanya merasakan, kita semuanya bekerja keras untuk menyelematkan rakyat kita," kata Presiden Jokowi saat sambutan dalam acara Penyerahan Penghargaan Penanganan Covid-19, di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Menurutnya, sangat banyak yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam menyelesaikan masalah global tersebut. Salah satunya yakni menyiapkan fasilitas kesehatan hingga bantuan sosial untuk masyarakat.

"Kita harus mengevakuasi, jika juga harus menyiapkan karantina, dan kita harus menyiapkan fasilitas kesehatan, dan juga kita harus menyiapkan bantuan sosial kepada masyarakat yang kehilangan penghasilan," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui, dalam penanganan Pandemi Covid-19 tersebut sangat sulit. Itu karena pemerintah dan bahkan dunia tak memiliki pengalaman soal penyelesaiannya.

"Sesuatu yang semua negara belum memiliki pengetahuan apapun mengenai ini. Dan kita  juga belum memiliki pengetahuan dan pengalaman apapun mengenai pandemi," katanya suami Iriana itu.

Oleh karenanya, sangat dimaklumi jika saat itu perdebatan mengenai kebijakan publik cukup alot dan panas. Misalnya, apakah lockdown efektif atau tidak untuk menyelesaikan dan menekan laju Covid-19 tersebut.

"Bapak, ibu pasti ingat kita berdebat berhari-hari mengenai lockdown atau tidak lockdown. Secara nasional atau secara terbatas, di kabupaten atau di provinsi. Karena apa? Karena kita memang belum memiliki pengalaman mengenai pandemi ini," jelasnya.

Meski begitu, lanjut Wali Kota Solo itu, masukan untuk kebijakan penyelesaian Pandemi Covid-19 tersebut, semua diterima karena tidak tahu mana yang tepat dan yang tidak tepat. 

"Jadi kalau ada perdebatan itu, saya nilai itu wajar. Dan tidak ada yang tahu, mana yang tepat dan yang tidak tepat," katanya.

Presiden Jokowi pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan ikhlas dalam menyelesaikan Pandemi Covid-19 di tanah air.

"Bapak, ibu adalah bagian dari kerja keras, bagian perjuangan yang telah kita lakukan. Yang jelas, dibandingkan dengan negara di dunia, kita masuk negara yang berhasil menangani covid ini," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES