Flash News

UM Jadi Tuan Rumah Pertama Euroseas Masterclass di Asia Tenggara

Senin, 22 Mei 2023 - 13:27 | 41.47k
Pelaksanaan Euroseas Masterclass di UM, Senin (22/5/2023). (Foto: Achmad Fikyansyah/Times Indonesia)
Pelaksanaan Euroseas Masterclass di UM, Senin (22/5/2023). (Foto: Achmad Fikyansyah/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGUniversitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah pertama di Asia Tenggara dalam gelaran European Association for Southeast Asian Studies (Euroseas) Masterclass 2023, yang dilaksanakan pada 22 - 24 Mei. 

"Di Asia Tenggara pertama kali diadakan di UM, biasanya mereka menyelenggarakanya di eropa, tapi kali ini di asia tenggara," ucap Kepala Pusat Ekonomi, Humaniora, dan Pariwisata LPPM UM, Dr Grace Tjandra Leksana, Senin (22/5/2023).

Dia menerangkan ,Euroseas merupakan studi asosiasi yang berbasis di eropa, dan sudah berdiri sejak 1997.

"Mereka mempunyai konferensi 2 tahunan, biasanya acara masterclass ini bersamaan dengan konferensinya. Tapi yang tahun ini kebetulan di pisah, mereka mengadakan masterclass di Malang, di UM," ucapnya.

Grace mengucapkan, ada 24 mahasiswa tingkat doktoral yang berpartisipasi di kegiatan ini, yang berasal dari berbagai negara.

"Total ada 24 peserta, dengan 5 profesor asing, ada dari Australia, Singapura, Filipina, dan sebagainya. Yang akan membantu mahasiswa-mahasiswa S3 dengan penelitian mereka," imbuhnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kultur akademik, dan membantu memproduksi penelitian terbaru dari kalangan akademisi, utamanya yang berkaitan dengan isu yang berkembang di asia tenggara.

Pihaknya mengharapkan, UM terpilih sebagai tuan rumah pertama di Asia Tenggara karena UM memang sudah masuk dalam jaringan Euroseas "Sebenarnya karena UM masuk di dalam jaringan Euroseas, sehingga dipilih di UM. Dan kebetulan kami memang punya beberapa fakultas terkait, seperti ilmu sosial, sastra, humaniora, dan lainya," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES