Flash News

Presiden Jokowi: Tidak Ada Percepatan Pilkada

Rabu, 08 Mei 2024 - 11:57 | 11.52k
Presiden RI Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Baru Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024). (Foto: ANTARA/Andi Firdaus)
Presiden RI Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Baru Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024). (Foto: ANTARA/Andi Firdaus)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan hingga saat ini tidak ada rencana atau pengajuan resmi dari pemerintah terkait percepatan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Sampai saat ini tidak ada yang namanya untuk percepatan atau pemajuan pilkada," kata Jokowi dalam kunjungan kerja di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Jokowi menegaskan bahwa Pilkada akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan undang-undang, yaitu pada November 2024.

"Iya (November). Tidak ada pengajuan apapun mengenai hal itu," tegasnya.

Sebelumnya, muncul wacana tentang percepatan penyelenggaraan Pilkada 2024 dari November menjadi September melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

Terpisah, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa wacana tersebut muncul dengan harapan agar kepala daerah yang terpilih tidak jauh dari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada 20 Oktober 2024.

Namun, Tito menegaskan bahwa setelah mempertimbangkan dinamika yang ada, penyelenggaraan Pilkada 2024 tetap akan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Mendagri Tito juga menegaskan belum ada revisi mengenai perubahan jadwal Pilkada 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES