Foto

Melihat Dampak Banjir Bandang Dari Udara

Sabtu, 06 November 2021 - 20:54 | 597.73k

TIMESINDONESIA, BATU – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Kota Batu telah melakukan survei langsung melalui udara pada Sabtu (6/11/2021). BNPB mendapatkan beberapa hasil data visual yang menunjukkan adanya titik-titik longsor di sepanjang tebing alur lembah sungai di wilayah hulu.

Simpulannya, banjir bandang yang menerjang Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021), tidak hanya dipicu oleh faktor cuaca. Berdasarkan hasil pengamatan data visual dari udara menggunakan helikopter, menemukan adanya enam alur lembah sungai yang setiap sisinya sangat terjal, tidak dilindungi oleh vegetasi yang rapat dan memiliki akar yang kuat. 

Sehingga ketika hujan turun dengan intensitas tinggi, kondisi tersebut akan memicu terjadinya longsoran-longsoran yang kemudian terkumpul dan membentuk bendungan alam yang menutup alur air.Longsoran ini tidak hanya menutup alur air dengan material tanah longsoran, tetapi juga dengan pohon-pohon yang tumbang terbawa material longsor.

BNPB memberikan beberapa rekomendasi. Adapun yang pertama BNPB mengingatkan kembali adanya fenomena La Nina hingga Februari 2022. 

Kedua, mengingat masih banyak terlihat pohon-pohon tumbang di lokasi bekas longsoran di hulu, diperlukan adanya giat susur sungai dengan instansi yang berpengalaman seperti TNI, Polri, Basarnas. 

Kegiatan susur sungai ini harus diikuti dengan pembersihan sisa-sisa pohon tumbang di wilayah hulu, sebab hal itu masih berpotensi menghambat atau membendung aliran.

BNPB juga merekomendasikan agar wilayah lereng tebing atau kawasan kebun semusim lainnya ditanami dengan jenis vegetasi yang keras dan berakar kuat. Sehingga dapat mengikat tanah dan mencegah terjadinya longsoran.

Selain itu, BNPB juga merekomendasikan agar pemanfaatan lereng jalur lembah sungai untuk perkebunan semusim sebaiknya dapat dihindari dan Rekomendasi yang terakhir adalah kesiapsiagaan masyarakat harus ditingkatkan, khususnya saat terjadi hujan deras.

BNPB selalu menyampaikan bahwa jika terjadi kondisi hujan sangat deras secara menerus selama 1 jam, jarak pandang terbatas hanya 30 m, maka masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan di daerah rendah sepanjang aliran sungai agar evakuasi sementara ke tempat yang lebih aman.


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES