Gaya Hidup

Mengenal Sekilas Hari Kopi Internasional

Jumat, 30 September 2016 - 20:22 | 528.88k
ILUSTRASI: International Coffee Day. (Grafis: Senda H/TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: International Coffee Day. (Grafis: Senda H/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Hari Kopi dirayakan di banyak negara, tidak terkecuali Indonesia. Bukan tanpa sebab, ekspresi kepedulian terhadap petani kopi menjadi salah satu alasan Hari Kopi dirayakan.

Awalnya ada dua versi soal tanggal peringatan Hari Kopi Internasional. Versi pertama menyebut 29 September, sementara lainnya menyebut 1 Oktober untuk International Coffee Day . 

Advertisement

Setidaknya, ada 17 negara yang merayakan Hari Kopi pada 29 September, diantaranya Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, Skotlandia, Ethiopia, Britania Raya, dan Australia. 

Bagaimana dengan 1 Oktober? Kemunculannya sebagai International Coffee Day diresmikan oleh International Coffee Organization (ICO) di Kota London, Inggris pada 2015. 

Sebelumnya, sidang ICO pada Maret 2014, negara-negara yang tergabung didalamnya sepakat mengatur perayaan pertama Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2015 untuk membuat satu hari perayaan bagi pencinta kopi seluruh dunia.

ICO merupakan organisasi antar pemerintah untuk kopi untuk menyatukan ekspor dan impor menghadapi tantangan perkopian dunia melalui kerjasama internasional.

Awalnya 74 negara, dan kini 77 negara dan 24 asosiasi kopi tergabung dalam ICO. Mereka mewakili 98 persen produksi kopi dunia dan 83 persen konsumsi dunia.

Kini, seluruh dunia sepakat bahwa Hari Kopi Internasional  jatuh pada 1 Oktober setiap tahunnya. Pada peringatan perdana Hari Kopi Internasional, Federasi Petani Kolombia mengatakan, ini menjadi perayaan adanya keragaman, kualitas dan budaya kopi, serta menjadi kesempatan bagi pecinta kopi untuk berbagi dan mendukung jutaan petanya uang mata pencahariannya bergantung pada tanaman aromatik.

Hari Kopi Internasional menjadi perayaan global perjalanan kopi dari hulu ke hilir. Peringatan ini juga merupakan kesempatan menghormati pria dan wanita yang tumbuh dan panen bersama kopi yang kita cintai bersama.

Bagaimana dengan Indonesia? Hari Kopi Nasional juga ditetapkan pada 1 Oktober. Sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar dunia dan bergabung dalam ICO, Indonesia pun turut merayakannya.

Mengutip pernyataan Menteri Perindustrian kala itu, Saleh Husein pada saat penetapan Hari Kopi Nasional pada tahun lalu, tujuannya adalah merayakan gerakan meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi nusantara, serta mempromosikan peningkatan konsumsi kopi nusantara.

Pada tahun ini, peringatan Hari Kopi dipusatkan di Semarang, Jawa Tengah. Besok, 1 Oktober 2016, puncak peringatan bertajuk “It’s Coffee Day" akan diisi serangkaian acara. Mulai Coffee for Charity, Coffee Talk, Coffee Pop-up yang berisi beragam permainan seputar kopi, hingga menonton film bertema kopi.

Bagaimana dengan kota anda? Selamat merayakan Hari Kopi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES