Gaya Hidup

Ini Tips Atasi Bibir Kering saat Berpuasa

Kamis, 08 Juni 2017 - 02:27 | 29.84k
ILUSTRASI - Tip mengatasi bibir kering saat berpuasa (Foto: ziarulring)
ILUSTRASI - Tip mengatasi bibir kering saat berpuasa (Foto: ziarulring)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjalankan puasa dapat membuat bibir kering. Bagaimana tidak, selama puasa Anda tidak makan dan minum selama hampir 14 jam lamanya. 

Bibir kering membuat gatal tangan ingin mencabut retakan kulit bibir. Tapi enyahkan niat itu, jika Anda tak ingin bibir berdarah dan perih. Membasahi bibir dengan liur jga tak dianjurkan. Ha l itu justru akan membuat bibir makin kering. 

Jadi bagaimana mengatasinya? Dikutip dari cosmopolitan berikut tips mengatasi bibir kering saat berpuasa 

Air Putih

Konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, minimal 8 gelas per hari. Buat pola yang mudah seperti 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, lalu 2 gelas saat sahur. Dengan cara ini, tubuh akan terhindar dari dehidrasi sehingga bibir dan kulit pun tetap lembap.

Sayur Dan Buah

Sebisa mungkin, selalu jadikan buah dan sayuran sebagai menu wajib saat sahur dan berbuka. Buah yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, stroberi, jambu air, dan jeruk dapat dijadikan pilihan yang menyenangkan.

Zat-Zat Penting

Kekurangan vitamin dapat mengakibatkan bibir menjadi lebih kering dan mudah retak. Pastikan tubuh Anda tercukupi dengan asupan vitamin B, mineral, iron dan essentialfatty acids yang dipenuhi dari beragam makanan bergizi atau suplemen tambahan yang secara rutin dikonsumsi.

Pelembap Murni

Gunakan pelembap yang mudah meresap dan baik bagi kesehatan bibir seperti shea butter, minyak vitamin E atau minyak kelapa, terutama saat malam hari sebelum tidur.

Lip Scrub

Saat pagi hari, aplikasikan lip scrub dengan gerakan memutar pada bibir hingga bibir terasa lembut dan sel-sel kulit mati terangkat sempurna. Bilas lalu keringkan dan bubuhkan lip balm.

Lip Balm

Penting untuk selalu mengaplikasikan lipbalm pada bibir, baik sebelum menggunakan lipstik atau bahkan ketika tidak memakai lipstik sekalipun. Pilih lip balm dengan kandungan SPF agar tak hanya mampu menghidrasi tetapi juga memproteksi bibir dari sengatan matahari.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES