Gaya Hidup

Yuk Ajak Anak Bersepeda! Ini Manfaatnya

Rabu, 18 April 2018 - 01:37 | 356.55k
Anak bersepeda. (FOTO: Be The Best Sport)
Anak bersepeda. (FOTO: Be The Best Sport)

TIMESINDONESIA, JAKARTABersepeda bagi anak-anak bukan sekedar kegiatan bermain di luar ruangan. Lebih dari itu, bersepada memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Apa saja manfaat bersepeda untuk anak-anak? Berikut ulasannya.

1. Mengasah Kemampuan Motorik Kasar
Bersepeda mampu memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar di bagian kaki juga tangan. Kemampuan otot kaki juga tangan anak akan terus terasah, terutama ketika mereka mengayuh sekaligus mengendalikan kemudi sepeda tersebut.

2. Melatih Keberanian dan Kepercayaan Diri
Belajar bersepeda melatih anak untuk berani mencoba hal yang belum pernah ia lakukan. Saat belajar bersepeda, anak juga belajar untuk mengendalikan rasa takutnya atau menjaga keseimbangannya. Semakin sering berlatih bersepeda, anak akan semakin terbiasa dan makin percaya diri mengendarai sepeda roda dua sendirian.

3. Melatih Konsentrasi 
Saat bersepeda, anak juga akan berlatih mengenai arah dan konsetrasi antara mata, tangan dan kaki. Selain itu anak akan belajar fokus karena bersepeda perlu fokus yang tinggi dan menjaga keseimbangan agar tidak jatuh dan menabrak.

4. Membuka Ruang Eksplorasi dan Interaksi
Dengan bersepeda, anak akan memperoleh kesempatan dalam bereksplorasi ke beberapa wilayah yang jauh lebih luas dari tempat tinggalnya. Dengan begitu, ia juga akan mengenal lebih jauh tentang lingkungan yang luas yang berada di sekitar rumah serta beberapa unsur yang lebih detail lainnya. Dan hal ini pastinya akan mengasah kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, dan sangat bermanfaat sebagai modal bersosialisasi.

4. Melatih Anak Bertanggung Jawab
Bersepeda juga dapat melatih anak bertanggung jawab. Anak akan belajar merawat dan menjaga agar sepedanya tetap awet, bersih dan belajar memperbaiki kerusakan kecil di sepedanya.

Meski banyak manfaat bersepeda untuk anak, namun orang tua harus tetap memantau saat anak bersepeda. Ingatkan anak unuk selalu berhati-hati ketika berada di jalanan. Ingatkan juga anak-anak untuk menggunakan pelindung seperti helm atau pelindung siku dan lutut jika perlu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES