Gaya Hidup

Jalan Panjang Olivia Gunawan Menuju Menang di Miss Tourism and Culture Universe 2019

Jumat, 06 September 2019 - 17:08 | 246.94k
Kepulangan Olivia Gunawan Menyabet Gelar Miss Tourism and Culture 2019 (Foto: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Kepulangan Olivia Gunawan Menyabet Gelar Miss Tourism and Culture 2019 (Foto: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Ajang bergengsi Miss Tourism and Culture Universe 2019 di Myanmar 22-31 Agustus 2019 lalu dimenangkan oleh Olivia Gunawan. Perempuan berdarah asli Banyuwangi itu sukses mengharumkan nama Indonesia di pentas Internasional dengan proses yang begitu panjang.

Olivia Gunawan sendiri bersaing dengan peserta dari 25 negara di seluruh dunia. Selain menjuarai miss tourism and culture universe, ia menyabet best presentation, best national costume dan best body. Ia mengungkapkan saingan terberatnya jatuh pada negara Filipina, Kanada dan Malaysia, yang saat itu masuk jajaran lima besar.

"Saya gak nyangka bisa memenangkan ajang ini, padahal pas pertama datang saya sempat minder dan kurang percaya diri, karena peserta lain cantik-cantik, Apalagi Filipina," ujar Olivia, sapaan akrabnya.

Olivia-Gunawan-a.jpg

Olivia menjelaskan bahwa ia berpegang teguh dengan mempertahankan budaya Indonesia yaitu budaya sopan santun dan seni budaya osing Banyuwangi, dalam ajang ini ia menampilkan busana putri sritanjung dan tari Gandrung yang menjadi ikon bumi Blambangan.

"Disana budayanya beda ya kak, saya selalu menunujukkan kebudayaan sopan santun Indonesia, seperti memberikan sendok ke teman dengan tangan kanan, meskipun keadaan apapun saya selalu menjungjung sopan santun yang dimiliki Indonesia," kata wanita berusia 21 tahun tersebut.

Olivia menambahkan poin penilaian yang mendasar hingga ia ditetapkan menjadi pemenang, bukan karena paras ayunya saja, melainkan dari penilaian tanya jawab saat malam puncak, penilaian karintina dan attidude.

Keluarga Oliv pun menyambut dengan haru atas kemenangan yang diraih oleh anaknya tersebut, derai air mata yang jatuh tak bisa dibendung oleh ibu Olivia.

Olivia-Gunawan-b.jpg

"Saya dak nyangka anaknya mama juara, jadilah oliv yang dulu, jangan sombong, dan murah senyum," kata Ketut Sudarmi sambil menangis bahagia.

Agenda Olivia Gunawan selama kepulangannya di kota kelahiran, ia akan mengisi talk show dibeberapa kampus yang ada di Banyuwangi, sebelum tanggal 9 kembali ke Myanmar untuk shooting dan foto pariwisata disana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda menyatakan bahwa ia sangat senang putri daerah dapat membawa harum Banyuwangi dan Indonesia di kancah Internasional.

"Oliv ini memang akan jadi duta pariwisata Banyuwangi 2020 mendatang, apalagi akan dijadikan duta pariwisata Kemenpar," ujar Bram.

Bram juga memberi motivasi kepada anak muda Banyuwangi, bahwasannya anak daerah itu bisa meraih cita-citanya setinggi langit, tetapi dengan niat dan semangat untuk menggapainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES