Gaya Hidup 3M Lawan Covid

Begini Cara Bikin Rumah Tetap Bersih dan Sehat di Masa Pandemi

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 12:04 | 231.71k
Begini Cara Bikin Rumah Tetap Bersih dan Sehat di Masa Pandemi
ILUSTRASI: Rumah bersih dan sehat. (FOTO: tni.mil.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rumah menjadi tempat teraman di masa pandemi seperti saat ini. Pemerintahpun telah menyarankan melakukan berbagai kegiatan dari rumah saja, seperti belajar, bekerja dan beribadah. Lantas bagaimana cara menjaga rumah tetap bersih dan sehat di masa pandemi?

Sapu dan ngepel lantai adalah kegiatan wajib yang dilakukan setiap hari. Sangat disarankan Anda membersihkan lantai dua kali dalam satu hari, pagi dan sore hari. Terlebih jika Anda punya anak kecil yang sedang aktif-aktifnya bermain di lantai. 

Untuk membersihkan lantai gunakan obat pel yang mengandung disinfektan. Selain dapat membunuh kuman, cairan disinfektan juga dapat membunuh virus. 

Selain menyapu dan mengepel rumah, lap juga perabot rumah. Hal itu dapat mencegah debu bersarang pada perabotan rumah Anda.

Jangan lupa juga untuk membersihkan sofa. Bersihkan sofa sesuai dengan bahannya. Ada baiknya memanggil jasa cuci sofa dan tempat tidur jika memang dibutuhkan. 

Ventilasi udara juga salah satu syarat rumah sehat. Pastikan jendela rumah Anda dibuka di pagi hari saat udara masih segar. Dengan demikian udara dalam rumah akan berganti dengan udara segar. 

Anda juga dapat memelihara tanaman yang berfungsi sebagai penyerap polutan. Seperti sansivera, sirih gading, lili paris dan sebagainya. 

Di masa pandemi ini, protokol kesehatan 3 M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker tetap dilaksanakan untuk menjaga rumah tetap bersih dan sehat. Maka siapkan sabun cuci tangan di luar rumah (pagar). Pastikan siapa saja (baik tamu maupun penghuni rumah) yang akan masuk ke rumah untuk mencuci tangannya dahulu. Untuk tamu yang datang, pastikan dia dalam kondisi sehat. Jangan sungkan untuk bertanya demi kebaikan bersama. (*)

Pesan Redaksi:
Mari bersama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES