Gaya Hidup

Cara Membuat Perangsang Akar Tanaman dari Bawang Merah

Senin, 28 Desember 2020 - 08:33 | 3.69m
ILUSTRASI - Bawang Merah. (FOTO: Pixabay)
ILUSTRASI - Bawang Merah. (FOTO: Pixabay)

TIMESINDONESIA, JAKARTABawang merah bukan hanya untuk memasak. Bumbu dapur ini juga bagus digunakan sebagai hormon perangsang akar pada tanaman karena mengandung ZPT atau zat pengatur tumbuh.

Bawang merah diketahui mengandung Vitamin B1 (Thiamin) dan Allicin yang berguna untuk pertumbuhan tunas. Selain itu umbi bawang merah juga mengandung ZPT Auxin dan Rhizokalin yang dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman.

Saat ini telah banyak produk-produk ZPT yang dijual di pasaran baik ZPT alami maupun sintetis. Namun, tidak ada salahnya membuat ZPT sendiri dari bawang merah yang tentunya akan lebih menghemat biaya.

Disadur dari 8village.com, berikut cara membuat ZPT dari bawang merah.

1. Siapkan 10 atau 15 siung bawang merah.

2. Blender hingga halus.

3. Selanjutnya, ditambahkan air bersih 1 liter dan diaduk hingga rata.

4. Larutan yang terbentuk kemudian disaring agar terpisah dari ampasnya. ZPT alami siap digunakan.

ZPT alami di atas dapat diaplikasikan ke dalam beberapa tahap perkembangan tanaman.

Untuk bibit tanaman

Bibit tanaman yang dipindah tanam dengan cara dicabut sering mengalami kerusakan akar. Untuk merangsang pertumbuhan akar baru diperlukan ZPT, caranya dengan merendam bibit tanaman selama 10 menit dengan 1 liter air bersih yang dicampur dengan 100 cc larutan bawang merah.

Untuk penyemaian benih

Benih direndam dalam air hangat selama 3-5 jam. Air hangat tersebut dicampur dengan larutan air bawang. Perbandingan yang digunakan adalah 1 liter air hangat bisa dicampur dengan 100 cc larutan air bawang. Setelah selesai, benih dapat ditiriskan dan benih siap untuk disemai.

Untuk stek batang

Bagian batang yang akan distek direndam ke dalam 1 liter air bersih yang telah di campur dengan 200 cc larutan bawang merah selama kurang lebih 3 atau 5 jam. Kemudian ditiriskan, lalu ditanam.

Untuk pencangkokan

Larutan air bawang (dengan perbandingan 1 ltr air bersih + 200 cc larutan bawang merah) dapat dioleskan pada bagian batang tanaman yang akan dilakukan pencakokan. Setelah batang diolesi larutan bawang merah, bagian batang tanaman kemudian dibungkus dengan media tanah atau sabut kelapa.

Demikian adalah cara membuat ZPT alami dari bawang merah beserta cara pengaplikasiannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES