Gaya Hidup

Aquila, Skin Care dari Indramayu yang Banyak Dipakai Artis

Kamis, 25 Februari 2021 - 04:12 | 202.78k
Puji Sopandi dan produk skin care Aquila miliknya. (FOTO: Muhamad Jupri/ TIMES Indonesia)
Puji Sopandi dan produk skin care Aquila miliknya. (FOTO: Muhamad Jupri/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Berawal dari kebutuhan menjaga kulit saat hamil anak pertama, Puji Sopandi akhirnya membuat produk skin care bermerek Aquilla. Tidak disangka, produknya jadi pelopor skin care bagi ibu hamil dan menyusui di Indramayu hingga kalangan artis tanah air.

Sebagai seorang wanita, Puji memang kerap menggunakan skin care demi merawat kulit. Apalagi, dia berangkat dari seorang apoteker dan farmasi, yang tentunya memahami perihal kesehatan kulit.

Advertisement

Namun, permasalahan muncul ketika dirinya tengah mengandung anak pertama. Pasalnya, cukup banyak produk skin care yang tidak ramah terhadap ibu hamil dan menyusui. Produk skin care yang aman bagi ibu hamil sangat sulit ditemukan di pasaran saat itu.

Dirinya menemukan, jika ada berbagai produk dari luar negeri yang menggunakan bahan-bahan alami. Namun, harganya relatif lebih mahal, bisa mencapai jutaan Rupiah.

Puji-Sopandi-dan-produk-skin-care-Aquila-miliknya-2.jpg

"Dari situ, muncullah keinginan untuk bisa menghadirkan produk skin care dalam negeri yang terbuat dari bahan-bahan alami dan pastinya terjangkau," jelasnya saat ditemui TIMES Indonesia di toko offline di Jalan Pembangunan, Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, Rabu (24/2/2021).

Akhirnya, dia pun melakukan riset dan inovasi, untuk menciptakan produk skin care, yang memang aman untuk dipakai oleh ibu hamil dan menyusui. Berbekal ilmu farmasi yang diperolehnya selama kuliah, dia pun berhasil menciptakan sebuah produk skin care yang ramah untuk ibu hamil dan menyusui.

"Tidak semua bahan dalam skin care aman. Jadi, saya mencoba membuat sendiri produk skin care dengan sangat hati-hati dan benar-benar aman bagi ibu hamil dan menyusui," ujarnya.

Dalam proses pembuatannya, alumni S1 Profesi dan Farmasi Universitas Soedirman ini memakai bahan-bahan alami untuk bisa dikonsumsi bagi semua kalangan, termasuk ibu hamil.

Sebenarnya, hobi membuat sendiri produk skin care sudah dia jalani sejak masih kecil. Dia sudah menyukai dunia penelitian dengan bahan-bahan natural. Akhirnya,  ketika kuliah, dia mulai menciptakan produk skin care sendiri berupa masker.

Sejak membuat produk skin care untuk ibu hamil inilah, akhirnya muncul brand produknya, yakni Aquila pada tahun 2011 silam. Aquila sendiri berarti bijak.

Puji menjelaskan, bijak di sini mengandung arti bahwa setiap orang harus bijak dalam memilih skin care. Setiap orang tentunya ingin cantik, namun ada anggota tubuh yang rusak akibat dari pemakaian skin care tersebut. Contohnya, seperti cantik namun sakit ginjal atau cantik namun terkena kanker, dan lain-lain.

"Kita ingin orang lebih bijak memilih produk dan tidak berisiko jangka panjang," ungkap ibu 3 anak ini.

Dalam perjalanannya bersama Aquila, wanita kelahiran Indramayu 34 tahun yang lalu ini mulai menciptakan beberapa produk skin care. Produk ini tak hanya untuk ibu hamil dan menyusui saja. Beberapa produk di antaranya face care, toner, serum, hair care, deodorant, body care, natural soap, pregnancy and post perfume, baby and kids, serta umroh and hajj.

Aquila sendiri, lanjut Puji, diproduksi di fasilitas khusus dengan proses yang higienis dan mengacu pada Good Manufacturing Practice. Sebagian besar produk Aquila tidak mengandung bahan berbahaya seperti Paraben, Sulfate, Phthalate, dan turunannya, sehingga aman digunakan.

"Kita bukan fokus ke premium, tapi lebih pada keamanan, karena banyak yang menggunakannya dengan kondisi berbeda-beda," tuturnya.

Karena produknya yang aman untuk semua kalangan, maka Aquila mulai dilirik oleh artis tanah air. Sebut saja Artika Sari Devi, Fitri tropica, Tantri Kotak, hingga beauty reviewer menggunakan produknya. Saat itu, dia ikut dalam sebuah event di Jakarta. Dari situlah, produknya mulai dikenal oleh para artis, yang mulai menyebar dari mulut ke mulut.

"Bahkan ada yang mereview di Female Daily. Mereka sangat excited untuk memakai Aquila, karena memang cocok dengan mereka," ungkap lulusan S2 Hukum Kesehatan Universitas Gajah Mada ini.

Saat ini, lanjut Puji, dirinya memasarkan produknya secara online dan offline. Kebanyakan customer lebih membeli via online. Adapun jika offline, baru di kota-kota besar di Jawa dan Bali saja. Dia juga membuka tokonya sendiri di Indramayu. Dengan kisaran harga Rp 50.000 hingga Rp 200.000, Aquila hadir menawarkan berbagai produk perawatan yang aman untuk berbagai kalangan, seperti ibu hamil dan menyusui.

Selama masa Pandemi Covid-19 ini, lanjut Puji, produk Aquila tidak terpengaruh sama sekali. Meskipun di awal memang sangat berpengaruh, semakin ke sini penjualannya justru meningkat. Salah satu alasannya, adanya hand sanitizer yang seolah menjelma kebutuhan wajib bagi setiap orang demi menerapkan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, kami tidak mem-PHK satu pun karyawan dan tidak memotong gaji selama Pandemi Covid-19," tuturnya.

Saat ini, di tengah kesibukannya menjalani studi S2 Magister Farmasi Bahan Alam, dia berbagi waktu untuk memantau langsung proses produksi maupun pemasaran. Dengan dibantu 15 karyawan, Puji mampu memasarkan produknya ke seluruh Indonesia. Apalagi, produknya sudah terdaftar dalam BPOM dan bersertifikat Halal.

"Sekarang Aquilla sedang rilis produk baru, namun ternyata sudah banyak yang memesannya. Padahal, belum ditampilkan di toko online," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES