Gaya Hidup

Simak Tips Merawat Peralatan Masak Agar Makin Tahan Lama

Selasa, 29 Maret 2022 - 05:10 | 107.40k
Produk dari PT. Royal Sultan Agung. (foto: Dok. Pribadi)
Produk dari PT. Royal Sultan Agung. (foto: Dok. Pribadi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi ibu rumah tangga pasti sudah paham bahwa peralatan masak merupakan komponen peralatan yang wajib ada dan juga dimiliki setiap rumah tangga. Banyak sekali jenis peralatan memasak, di antaranya adalah wajan, panci, spatula, pisau, talenan, dan sebagainya.

Seiring penggunaannya untuk memasak, maka dapat dipastikan bahwa peralatan memasak tersebut yang ada di dapur sudah banyak yang berumur dan terkadang tidak lagi berfungsi maksimal atau bahkan sudah mengalami kerusakan. 

Advertisement

Peralatan-Masak-2.jpg

Tips untuk merawat alat masak tersebut diberikan langsung oleh Muhamad Rizki, selaku Marketing Manager PT. Royal Sutan Agung yang membawahi GEA, GETRA dan RSA.

"Agar peralatan masak yang anda miliki tetap awet, pastikan merawat peralatan memasak tersebut dengan baik dan benar. Dan harus diperhatikan, saat membeli peralatan memasak, sebaiknya pilih bahan peralatan memasak yang bagus dan  berkualitas serta terpercaya," ungkap Muhamad Rizki.

Berikut ini beberapa cara merawat alat masak agar tetap awet dan tahan lama.

1. Baca aturan pakai dan perawatan 

Ingat, selalu baca aturan perawatan pada masing-masing kardus alat masak yang anda beli, karena tidak semua produk memiliki kesamaan penggunaan dan perawatan. 

2. Segera Pindahkan

Jangan tinggalkan di atas kompor setelah selesai digunakan Khusus untuk alat masak yang memang digunakan di atas kompor, sebaiknya segera memindahkannya dari kompor setelah selesai digunakan untuk memasak. Hal ini bertujuan agar hawa panas dari kompor tidak merusak lapisan bawah alat masak tersebut.

3. Cuci alat masak saat dingin 

Sesaat setelah selesai digunakan memasak, biarkan suhu pada alat memasak menjadi normal sebelum dicuci atau dibersihkan.  Sebaiknya menggunakan alat cuci silikon food grade saat mencuci peralatan memasak. Fungsinya untuk menjaga kualitas peralatan memasak serta keawetan peralatan memasak, khususnya yang memiliki lapisan anti lengket.  

4. Jangan gosok peralatan memasak dengan spons keras 

Sebaiknya tidak mencuci peralatan memasak dengan menggunakan spons keras, hal ini nantinya dapat merusak permukaan alat masak tersebut.  Gunakan spons lembut untuk mencuci peralatan memasak. Jika partikel makanan masih lengket, bersihkan dengan air mendidih. 

5. Simpan Peralatan Memasak di tempat yang bersih dan kering

Simpan alat masak seperti wajan dan panci, dengan tidak menumpuknya dan dicampur dengan peralatan memasak lainnya. Wajan dan panci, terutama yang berbahan antilengket, sebaiknya digantung.

Peralatan-Masak-3.jpg

Apabila peralatan memasak mempunyai penutup kaca sebaiknya pisahkan dengan alat masak lainnya agar tidak pecah atau tergores.

Simpan penutup kaca dalam tempat tersendiri, khusus untuk tutup panci, wajan, dan tutup wadah lainnya. Dan jangan simpan ditempat yang lembab dan pengap, sebaiknya simpan peralatan masak di tempat yang kering dan bersih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES