Gaya Hidup

Tips Mudah Khatam Al Quran Selama Ramadan, Istiqomah Kuncinya

Jumat, 01 April 2022 - 12:37 | 43.85k
Ilustrasi - Mengkhatamkan Al Quran selama Ramadan (Foto: SHutterstock)
Ilustrasi - Mengkhatamkan Al Quran selama Ramadan (Foto: SHutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan tentunya sayang untuk dilewatkan. Momen Ramadan digunakan umat Islam untuk menarih pahala. Sebab segala amal ibadah selama Ramadan akan dilipat gandakan. Khatam Al Quran selama Ramadan merupakan salah satu amalan yang diimpikan setiap muslim. 

Membaca Al Quran memiliki berbagai keutamaan, diantaranya akan mendatangkan syafaat. 

Advertisement

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Selain itu saat membaca Al Quran, kita akan diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan. 

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ».

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469). 

Di tengah kesibukan lainnya, tentunya kita harus mampu mengatur waktu untuk membaca Al Quran. 

Ada beberapa tips khatam Al Quran selama Ramadan bagi Anda yang sibuk bekerja. 

Al Quran yang berisi 114 surat yang tersusun dalam 30 juz. Umumnya Al Quran terdapat 600 halaman.

Agar mudah mengkhatamkan Al Quran, Anda dapat membacanya berdasarkan halaman. 

Untuk mengkhatamkan Al Quran 1 kali selama Ramadhan Anda dapat membaca Al Quran secara konsisten atau istiqomah 2 lembar selepas shalat 5 waktu.

Sedangkan untuk mengkhatamkan 2 kali, Anda dapat membaca 3 lembar setiap selesai shalat wajib. 

Nah jika ingin 3 kali khatam Al Quran, jumlah lembar dapat ditambah menjadi 6 lembar setiap lepas shalat fardhu. 

Intinya Anda harus istoqomah menyempatkan membaca Al Quran setiap hari selepas shalat 5 waktu.

Bagi Anda yang mempunyai aktivitas di luar rumah, Anda dapat membawa Al Quran dengan ukuran kecil. Namun jika tak ada, Anda dapat mengunggah aplikasi Al Quran di ponsel pintar. Hal ini akan sangat membantu Anda, dapat membaca Al Quran kapanpun dan di manapun. 

Namun jangan lupa adab saat membaca Al Quran. Seperti wudhu, menutup aurat, serta membaca menghadap kiblat. Anda juga tidak perlu membaca Al Quran dengan suara lantang saat di tempat umum. Cukup membaca dengan suara lirih agar tidak mengganggu orang lain. 

Jika ini dilakukan secara istiqomah selama Ramadan, membaca Al Quran akan menjadi kebiasaan yang akan terus dibawa meski telah lebaran. 

Yuk semangat khatam Al Quran selama Ramadan TIMES Lovers. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES