Gaya Hidup

Baca Doa Ini Saat Mudik Lebaran atau Balik dari Kampung Halaman

Jumat, 29 April 2022 - 02:11 | 55.86k
Ilustrasi mudik lebaran. (FOTO: poxabay.com)
Ilustrasi mudik lebaran. (FOTO: poxabay.com)

TIMESINDONESIA, KOMPAS – Saat lebaran atau Idul Fitri tiba, sejumlah warga pulang ke kampung halaman. Tradisi pulang kampung itu dikenal dengan istilah mudik. Tradisi mudik ini berlangsung setiap hari raya bagi warga yang merantau ke luar kabupaten/kota.

Adapun jumlah pemudik tahun 2022 ini diprediksi mencapai 85 juta pemudik. Tentu mereka ingin sampai dengan selamat saat mudik atau balik lagi ke tempat rantau.

Advertisement

Selain menjaga kesehatan apalagi di tengah Pandemi Covid-19, pemudik juga memastikan keamanan pada alat transportasi yang mereka gunakan.

Tentu selain hal di atas, pemudik juga harus berdoa meminta pertolongan Allah SWT. Berikut doa saat melakukan perjalanan yang diajarkan ulama terdahulu.

Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar mengutip riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali ra menerangkan terkait doa naik kendaraan.

Pertama membaca basmalah.

Kemudian membaca doa ini

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Artinya: Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Kemudian baca hamdalah (Alhamdulillāh) sebanyak 3 kali

Selanjutnya membaca takbir (Allāhu akbar) 3 kali.

Selanjutnya bacalah doa berikut:

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES