Gaya Hidup

Inilah Tipe Teman yang Toxic Financial

Kamis, 05 Mei 2022 - 05:03 | 106.57k
Ilustrasi pertemanan (FOTO: Pexels/Helena Lopes)
Ilustrasi pertemanan (FOTO: Pexels/Helena Lopes)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Merencanakan keuangan yang baik tidak hanya dari diri sendiri tetapi faktor lingkungan pertemanan juga salah satu faktor penting dalam merencanakan keuangan.

Dilansir dari Instagram Perencana Keuangan, Prita Hapsari Ghozie, menurutnya untuk menuju kaya, setiap orang harus berusaha menghindari lingkungan pertemanan yang TOXIC Financial diantaranya teman yang hobi gosip.

Advertisement

“Masalahnya lebih keseringan gosip daripada produktif. Akibatnya, pemasukan kita jalan ditempat. Belum lagi energi kita lebih banyak dihabisin buat ngomongin orang,“ tulis Prita dikutip dari caption foto Instagramnya pada Jum'at (29/4/2022).

Prita-Hapsari-Ghozie-2.jpgPerencana dan Konsultan Keuangan Prita Hapsari Ghozie. (FOTO: Instagram Prita Hapsari Ghozie)

Selanjutnya, ucap Prita, hindari teman "healing" melulu karena niatnya refreshing tapi disaat yang bersamaan tidak ada uang tabungan untuk refreshing dan lebih parah lagi jika dipaksakan berlibur tetapi tiket liburannya masih dicicil.

“Ketiga, teman doyan "compare" yang berakibat atas apa yang dipunya saat itu selalu dirasa kurang. Seringnya juga bikin kita malah jadi Fear of Missing Out (FOMO),“ tuturnya.

Prita mengungkapkan, untuk selanjutnya hindari teman yang ignorant with money.  Teman seperti ini ciri-cirinya selalu bilang tidak perlu di rencanakan karena semua sudah diatur.

“Oh iya benar banget kalau rezeki tidak pernah salah kamar. Tetapi rezeki juga amanah yang perlu dikelola dengan baik. Dan terakhir hindari teman tapi ngutang (melulu), bedain ya teman yang butuh banget karen musibah sakit dengan teman yang butuh semua barang,“ ungkap Prita.

Prita berharap agar masyarakat dapat menambah pertemanannya dengan orang-orang yang pandai bersyukur dan semangat untuk terus berjuang untuk jadi lebih baik lagi,“ tandas pakar dan konsultan keuangan, Prita Hapsari Ghozie. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES