Gaya Hidup

Keliling dari Rumah ke Rumah, Tradisi Asyik saat Lebaran

Kamis, 05 Mei 2022 - 13:21 | 99.22k
Ilustrasi Perayaan hari raya Idul Fitri (Foto: shutterstock)
Ilustrasi Perayaan hari raya Idul Fitri (Foto: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIdul Fitri merupakan momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, termasuk Indonesia. Sehingga di waktu lebaran tersebut menjadi momen yang tepat untuk mudik melepas rindu bersama keluarga di kampung halaman.

Saat momen lebaran seperti ini ada suatu tradisi yang unik nan asik yang sangat dinantikan yakni tradisi keliling ke rumah-rumah tetangga untuk silaturahmi.

Advertisement

"Setiap hari raya setelah kumpul keluarga di rumah orang tua, saya rutin mengajak anak-anak dan istri saya untuk bersilaturahim ke rumah-rumah tetangga, ya tujuannya untuk menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bertetangga," ucap salah satu warga masyarakat, Sumaji.

Lebaran memang merupakan suatu waktu yang tepat untuk menjaga tali persaudaraan dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat. Momen saling memaafkan menjadi kesan tersendiri yang mengharukan dan patut dijaga oleh generasi kedepan.

Terkadang saat berkunjung ke rumah tetangga atau ke rumah saudara, Sumaji sering menceritakan hubungan kekeluargaan di antara keluarganya dengan keluarga orang yang dikunjungi kepada anak-anaknya.

"Biar anak saya bisa tahu mana saudara-saudaranya, sehingga hubungan kekeluargaan tidak terputus dan bisa tetap berjalan," ucap bapak empat anak tersebut di momen lebaran kali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES