Gaya Hidup

Rumah Mode Balenciaga Luncurkan Sneakers Lusuh dengan Harga Puluhan Juta Rupiah

Kamis, 12 Mei 2022 - 10:25 | 139.61k
Rumah mode mewah Balenciaga dengan meluncurkan sepatu kets atau sneakers rusak dan kotor dengan harga mulai Rp7 jutaan. (foto: dok Balenciaga)
Rumah mode mewah Balenciaga dengan meluncurkan sepatu kets atau sneakers rusak dan kotor dengan harga mulai Rp7 jutaan. (foto: dok Balenciaga)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tren fesyen radikal selalu bermunculan setiap tahunnya. Seperti yang dimunculkan oleh rumah mode mewah Balenciaga dengan meluncurkan sepatu kets atau sneakers rusak dan kotor dengan harga mulai Rp7 jutaan.

Balenciaga pada Senin (9/5/2022) lalu menghadirkan sepatu yang mirip dengan kanvas mirip dengan model sepatu Converse Chuck Taylor, namun dalam kondisi kotor, sobek, compang-camping bahkan rusak yang membuatnya terlihat tidak layak dipakai.

Advertisement

Brand couture asal Paris tersebut memberi koleksi tersebut dengan nama Paris Sneaker. Koleksi Paris Sneakers memiliki tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan merah. Sepatu ini dirilis dalam tiga "tingkat kerusakan". Mulai dari hanya pudar dengan sedikit noda, kemudian mulai sobek-sobek, dan yang terakhir nyaris tidak bisa dipakai saking rusaknya.

Sepatu-Balenciaga-1.jpg

"Menginterpretasikan atletisme abad pertengahan dan busana kasual yang timeless, dengan kanvas dan tepian kasar yang tampilannya sangat usang," kata Balenciaga, dikutip dari Indian Express, Rabu (11/5/2022).

Dadir dalam penawaran high-top dan terbatas, yakni hanya dibuat 100 pasang saja. Versi normal dijual seharga $495 (7,1 jutaan) dan $625 (Rp9 jutaan), dengan model yang lebih sederhana, dengan robekan sekadarnya dan sol putih dengan sentuhan kotor.

Sepatu-Balenciaga.jpg

Sementara foto-foto sepatu kets yang hancur dan rusak yang beredar di media sosial itu adalah versi edisi terbatas dari sepatu kets yang dijual seharga $1.850 (Rp 26,8 jutaan). Untuk versi ini, hanya tersedia 100 pasang yang dapat dibeli di balenciaga.com dalam warna putih dan hitam.

Sepatu-Balenciaga-2.jpg

Dalam siaran persnya, Balenciga mengatakan bahwa foto-foto kampanye dari koleksi sepatu itu memang sengaja digambarkan sangat usang, kotor dan rusak, karena dimaksudkan untuk dipakai seumur hidup. Balenciga menyebut, pemakaian seumur hidup sangat relevan di tengah percakapan yang berkembang di sekitar industri mode cepat dan dampak konsumsi berlebihan di planet ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES