Gaya Hidup

Ini 10 Motif Batik Khas Majalengka yang Indah Memikat Hati

Jumat, 17 Juni 2022 - 15:23 | 489.84k
Motif batik khas Majalengka. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)
Motif batik khas Majalengka. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Berbicara mengenai ciri khas dari Indonesia tentu tidak akan terlepas dari batik. Hampir setiap daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, memiliki ciri khas dan batik yang indah serta motifnya memikat hati.

Macam-macam motif batik di Kabupaten Majalengka sangat bervariasi. Bahkan memiliki corak khasnya tersendiri. Karena berbagai macam corak atau motif batik ini mencerminkan kehidupan masyarakat atau juga simbol alam yang mempunyai filosofi tersendiri.

Motif-batik-khas-Majalengka-2.jpg

Sebagai masyarakat Kabupaten Majalengka, harus mengetahui dan mengenal lebih dalam macam-macam motif batik khas Majalengka yang menjadi kebanggaan budaya sendiri.

Dengan mengenal lebih dalam, maka akan muncul rasa memiliki dan semangat untuk melestarikan dan mempopulerkan budaya Majalengka yang luhur.

Motif-batik-khas-Majalengka-3.jpg

Berikut TIMES Indonesia merangkum 10 motif batik khas Majalengka karya terbaik berdasarkan hasil lomba desain motif batik yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Majalengka yang cocok untuk berbagai momen:

  1. Batik Sarayu
  2. Batik Damang Bat
  3. Batik Panyarga
  4. Batik Curug
  5. Batik Ratu Angin
  6. Batik Topeng Wuwung
  7. Batik Rea Sae
  8. Batik Ragam Majalengka
  9. Batik Angin Raharja
  10. Batik Gedong Angin

Kepala Disparbud Kabupaten Majalengka, Iding Solehudin mengatakan, lomba tersebut sengaja dilaksanakan di samping memeriahkan hari jadi Majalengka yang ke-532, tahun 2022.

Tentunya, kata dia, juga sekaligus sebagai bentuk konsistensi dan eksistensi Kabupaten Majalengka sebagai kabupaten kreatif yang di tetapkan secara nasional.

Ia pun berharap melalui lomba ini selain untuk memacu kreatifitas masyarakat Majalengka, juga dapat membuka ruang untuk peran aktif masyarakat terhadap kemajuan Majalengka.

"Terutama peningkatan 17 subsektor  ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Majalengka. Salah satunya adalah desain motif batik khas Majalengka ini," katanya, Jumat (17/6/2022).

Sementara itu, Bupati Majalengka, Karna Sobahi menjelaskan, dari ke-10 motif batik terbaik tersebut, pihaknya akan mencari dan ditetapkan sebagai batik khas Majalengka yang nantinya akan di Perbup kan.

"Kita akan jadikan sebagai batik khas Majalengka yang akan dipatenkan. Termasuk akan menjadi seragam wajib ke depan bagi para ASN di lingkungan Pemkab Majalengka," jelasnya.

Bagaimana, motif batik khas Majalengka apa yang sudah kamu miliki di rumah? Jika belum, yuk segera beli karena motifnya sangat indah dan memikat hati, cocok untuk berbagai momen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES