Gaya Hidup

Tips Mudah Hilangkan Bruntusan di Dahi

Selasa, 05 Juli 2022 - 11:29 | 111.76k
Gambar untuk wajah bruntusan pada dahi. (foto: Shutterstock)
Gambar untuk wajah bruntusan pada dahi. (foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kulit dengan rutin menggunakan skincare memang salah satu cara paling ampuh untuk jenis masalah kulit tertentu. Mulai dari kulit berjerawat, kusam, sampai kulit kering. Skincare juga digunakan untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Namun beberapa kasus masih terjadi yang mana saat menggunakan skincare atau make up tertentu kulit memiliki efek samping yang berbeda. Salah satu efek sampingnya yakni muncul bruntusan pada wajah terutama dahi.   Bruntusan adalah kondisi yang menggambarkan keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Berikut tips sederhana untuk hilangkan bruntusan di dahi: 

 1. Tidak menggunakan skincare beralkohol dan berbau

Bruntusan di wajah terutama dahi umumnya disebabkan oleh adanya bhan kimia lain yang menyerap kewajah. Kandungan alkohol dan wewangian pada skincare memiliki tambahan kandungan kimia sehingga membuat wajah menjadi tidak sehat dan nampak bruntusan. 

 2. Perbanyak buah dan sayur

Tidak hanya emrawat kulit wajah dari luar saja, melainkan bruntusan juga akan hilang jika kita merawatnya juga dari dalam.  Salah satunya dengana mengonsmsi sayur dan buah-buahan karena memiliki kandungan nutrisi juga vitamin E yang diperlukan oleh kulit kita. 

 3. Eksfoliasi menggunakan AHA/BHA

Eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati sehingga kotoran diwajah akan terhapuskan. Kulit bruntusan juga disebabkan karena menumpuknya kotoran terutama pada wajah. Oleh karenanya, eksfoliasi dengan AHA/BHA penting dlakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu. 

 4. Menggunakan pelembab non-comedognic

Pelembab non-comedogenic adalah pelembab yang ringan dan meminimalisir menempelnya kotoran dikulit wajah. Untuk enggunakannya, akan mencegah kotoran menumpuk karena penggunaan salah satu skincare yakni pelembab. 

 5. Double Cleansing

Membersihkan muka dua kali lipat sangat penting dilakukan terlebih yang punya aktivitas sangat padat dengana make up yang selalu stand by setiap momennya. Namun, setelah berusaha tampil menarik hendaknya kita harus membersihkan dua kali lipat gunamencegah menempelnya sisa kotoran dikulit wajah. 

 6. Jaga kebersihan rambut

Selain makanan dan skincare, kebersihan rambut juga haru dijaga karena rambut yang kotor juga akan menimbulkan masalah dikulit jawah. Terutama bagi yang memiliki poni, rambut harus selalu bersih dan terawat dengan rutin supaya wajah juga tetap bersih. 

Itulah beberapa tips untuk menghilangkan bruntusan yang ada diwajah umumnya di dahi. Bruntusan tak hanya dari skincare namun yang penting diperhatikan, jika bruntusan juga bisa timbul akibat makanan dan pola hidup yang kurang bersih dan sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES