Gaya Hidup

5 Makanan Sehat yang Bikin Semangat Kerja, Cocok untuk Sarapan!

Rabu, 06 Juli 2022 - 02:41 | 113.69k
Oat salah satu makanan sehat yang bikin semangat. (MedicalNewsToday.com)
Oat salah satu makanan sehat yang bikin semangat. (MedicalNewsToday.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan selama ini dikenal sebagai salah satu sumber energi. Terutama makanan sehat yang dikonsumsi saat pagi hari atau sarapan. 

Saat sarapan tubuh akan lebih siap menjalankan berbagai aktifitas. Selain itu, riset membuktikan sarapan juga dapat meningkatkan kerja otak, sehingga membuat semangat dalam bekerja, maupun belajar bagi siswa. 

Advertisement

Namun tak sembarang makanan dikonsumsi untuk menu sarapan, jangan asal kenyang. Supaya mendapat manfaat dari sarapan, berikut makanan yang direkomendasikan HERO (Health Enchancement Research Organization). 

1. Ikan berlemak

salmon.jpg

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 merupakan lemak sehat. Omega-3 dapat menstabilkan membran sel otak. Selain itu, omenga-3 juga dapat menekan risiko depresi. 

Ikan berlemak terdapat pada salmon, dan tuna. 

2. Cokelat hitam

Dark Chocolate atau cokelat hitam masuk dalam list makanan sehat pembangkit semangat. 

Diketahui, cokelat hitam mengandung kafein, theobromine, dan N-acylethanolamine. 

Zat tersebut mirip dengan cannabinoid yang berkaitan dengan peningkatan suasana hati. 

Selain itu flavonoid dalam cokelat hitam terbukti mampu meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan hingga meingkatkan kesehatan otak. 

3. Makanan fermentasi

Kimchi.jpg

Proses fermentasi mengandung probiotik yang membantu pertumbuhan bakteri sehat di usus. 

Peningkatan bakteri baik di usus inilah yang mampu meningkatkan kadar serotonin. Sebanyak 90 persen serotonin tubuh diproduksi oleh mikrobioma usus atau kumpulan bakteri sehat di usus. 

Serotonin adalah neurotransmitter yang mempengaruhi banyak aspek perilaku manusia. Contohnya seperti suasana hati, respon stres, dan nafsu makan sehingga secara tidak langsung membuat semangat bekerja. Contoh makanan fermentasi adalah kimchi

4. Oat

Oat merupakan sumber serat yang sangat baik sebab dapat memperlambat pencernaan karbohidrat. Pelepasan karbohidrat secara bertahap membuat energi tetap stabil. 

5. Kacang dan Lentil

kacang.jpg

Protein nabati juga dipercaya dapat meningkatkan semangat di pagi hari. Selain itu ada vitamin B yang membantu meningkatkan suasana hati, dengan meingkatkan kadar neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, norepinefrin dan asam gamma aminobutric (BAGA). 
Yuk mulai sekarang dibiasakan sarapan dengan makanan sehat agar pagi Anda tetap semangat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES